Ceramah Kesehatan Sebagai Wujud Aksi Natal
Selasa, 13 Desember 2016 | 9:38 WIB

ceramah-kesehatanPenyakit degeneratif biasanya muncul pada usia 40 – 60 tahun, sedangkan untuk kategori lansia adalah mulai usia 60 tahun. Dan dalam rangka memberi pengetahuan tentang kesehatan bagi masyarakat sekitar Unika Soegijapranata sebagai wujud aksi sosial Natal 2016, panitia Natal bekerja sama dengan Poliklinik Ibu Teresa mengadakan ceramah kesehatan dengan topik “Ceramah Penyakit Degeneratif” yang membahas tentang pengetahuan umum berkaitan hipertensi dan penyakit ginjal yang disampaikan oleh dr. S.T Catur Pambudi, serta DM (Diabetes Melitus), penyakit degeneratif dan lansia oleh dr. R.B  Bambang Witjahjo, M.Kes sebagai penanggung jawab Klinik Ibu Teresa.

Kegiatan yang bertema “Ceramah Penyakit Degeneratif” ini dilaksanakan pada hari Sabtu (10/12) bertempat di ruang seminar Program Studi Ilmu Komunikasi.

“Penyakit asam urat dan kolesterol juga akan dibahas dalam kegiatan ceramah ini,” jelas Margaretha Vitrianingsih selaku panitia ceramah. “Topik  ceramah akan lebih banyak membahas penyakit degeneratif dan lansia karena menurut pengamatan kami, saat ini yang lebih banyak dibutuhkan oleh masyarakat adalah pengetahuan tentang penyakit-penyakit tersebut, tentu saja disamping penyakit umum lainnya seperti hipertensi dan ginjal,” tutur Vitri.

“Warga yang kami undang dalam acara ceramah ini adalah dari warga Karangrejo RT 07 RW 02 sebanyak 40 orang. Dan selain mendapat ceramah kesehatan, para warga juga akan mendapatkan pemeriksaan laboratorium secara gratis dari Laborat Ideal yang merupakan kerjasama antara Poliklinik Unika Soegijapranata dengan Laborat Ideal,” imbuhnya.

“Kegiatan ceramah kesehatan ini memang diadakan supaya warga sekitar Unika mendapatkan pengetahuan tentang penyakit yang banyak dikeluhkan itu, hal lain diharapkan acara seperti ini akan secara berkelanjutan diadakan pada tahun depan dengan topik yang berbeda tentunya dan diperuntukkan bagi masyarakat RW lainnya atau kelurahan lainnya seperti Selorejo atau Tinjomoyo ”tandasnya.(Fyas)

Kategori: ,