C.I.P. Universitas Udayana Sambangi I.O. Unika Soegijapranata
Senin, 5 Desember 2016 | 15:20 WIB

udayana-i-oCenter for International Program (C.I.P.) Universitas Udayana Bali baru-baru ini berkunjung ke kantor International Office (I.O.) Unika Soegijapranata pada hari Jumat (2/12). Kedatangan Perwakilan dari CIP yakni I Made Budi Arsika, S.H, LLM selaku ketua Divisi Penjaminan Mutu CFIP serta Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini, M.Hum disambut hangat oleh ketua IO, Dr. Ekawati Marhaenny Dukut, M.Hum.

Menurut Pak Budi dari CIP, kunjungannya ke IO Unika Soegijapranata adalah untuk mengakrabkan diri sebagai sesama anggota NUNI (Nationwide University Network in Indonesia) serta ingin mengetahui latar belakang kinerja IO Unika.

“Unika serta Udayana memang kebetulan sudah tergabung dalam NUNI serta dari hubungan personal dari salah satu personil CIP yang mengenal baik dengan Direktur IO Unika. Kami melihat ada hal yang menarik di Unika sendiri yakni program dari IO bagi Darmasiswa yakni tersedianya program Indonesian Traditional Herbal Medicine serta adanya kerjasama dengan beberapa perusahaan jamu. Hal ini menjadi wajar agar para mahasiswa asing yang cenderung mencari hal yang unik dari Indonesia menjadi tertarik akan program ini.” tutur Pak Budi.

Ditengah situasi Universitas yang ada di Indonesia sedang berbondong-bondong menuju ke arah World Class University dimana semua kegiatan diarahkan menuju proses internasionalisasi, termasuk menawarkan program internasional, maka PT diharapkan mampu untuk mengemas suatu program yang unik dan bisa memiliki ciri khas yang berbeda antar Universitas. Untuk hal ini, Pak Budi mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bagi kedua universitas ini agar dapatbekerjasama pada waktu-waktu  kedepan,

“kemungkinan untuk berkolaborasi antar 2 universitas ini bisa terjadi karena kami melihat keunikan ini bisa dikembangkan lagi. Jika biasanya student mobility diartikan sebagai mahasiswa kita belajar di Universitas luar negeri, maka bisa student mobility ini dapat menjadi mahasiswa asing yang belajar di Universitas kita yang mendapatkan manfaat dari program yang ditawarkan oleh Universitas lain yang menjadi mitra universitas tersebut.”

Terkesima dengan I.O.

Perwakilan dari CIP Universitas Udayana mengapresiasi kantor IO yang dikemas menjadi kantor yang sangat ramah bagi mahasiswa, terutama mahasiswa asing dengan gaya tata ruang yang menyenangkan serta pelayanan yang ramah.

“Saya terkesima karena kantor IO Unika Soegijapranata ditata seperti sebuah cafe yang siap melayani tamu-tamunya dengan baik. Begitu masuk kantor ini, saya langsung merasa home. Saya melihat bahwa kinerja dan pengelolaan staf di International Office Unika termasuk efisien. Pengelola IO Unika Soegijapranata hanya dua orang namun mereka mampu melaksanakan fungsinya secara efektif. Fungsi bisa terlaksana jika disertai pelayanan yang dijalankan dengan baik,” ungkap Pak Budi.

Mengakhiri perbincangannya, ia mengatakan, “Semoga kunjungan kami ini bisa ditingkatkan menjadi kerjasama yang aktif melalui NUNI, serta kami bisa mengirimkan mahasiswa asing ataupun dari mahasiswa kami sendiri untuk bisa mengalami proses perkuliahan yang ada disini, khususnya kuliah lapangan. Hal ini bisa menambah wawasan serta pengalaman mereka dibidang agricultural Indonesia.” (Ign)

Kategori: ,