Berjalanlah dengan Iman
Kamis, 15 Desember 2016 | 13:30 WIB

meilindaSetiap mahasiswa yang sedang terlibat dalam skripsi pasti pernah mengalami kebuntuan dalam prosesnya, termasuk bagi Maria Meilinda Ardeanti. Hambatan yang dialaminya cukup rumit, ia harus bersusah payah untuk mencari buku referensi serta jurnal terkait karena variabelnya yang jarang ditemui. Selain itu juga ia harus menggali lebih dalam mengenai teori yang didapat dari referensi yang sedikit agar orang lain juga memahami maksud dari tulisan ilmiahnya. Lantas apa yang dilakukannya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut?

“ Dalam setiap menghadapi hambatan, aku selalu berdoa dan menjadikan Tuhan sebagai kekuatanku. Aku selalu percaya dengan apa yang aku kerjakan di dalam nama-Nya. Semuanya dimampukan olehNya, semua hambatanku bahkan takkan terasa berat karena aku berjalan dengan Iman” ungkap Dara kelahiran Semarang, 13 Mei 1994 ini.

Selain mengandalkan Tuhan, Wanita yang akrab disapa Linda ini juga sangat tertantang untuk mengerjakan tugas ini karena judul yang diambilnya menarik untuk dikerjakan olehnya,

“ Judul yang ku ambil adalah Prokrastinasi akademik ditinjau dari school well-being pada mahasiswa sekolah tinggi teologia baptis Indonesia Semarang. Judul ini memang pada awalnya tidak terlintas di fikiran, namun suatu saat aku dapet insight buat mengetahui alasan seseorang suka menunda pekerjaan dan memilih mengerhajab tugas mepet deadline dengan sistem kebut semalam. Aku sendiri juga tipikal orang yang seperti itu, maka aku sangat tertarik dengan judul ini dan tertantang untuk mencari variable school well-being (kesejahteraan di sekolah/ kampus)” tuturnya.

Linda juga menceritakan selama ia berproses dalam skripsi yang dimulai dari pencarian ide, brainstorming (sharing) dengan dosen pembimbing yang penasaran dengan variable barunya serta keberaniannya untuk mempertahankan argumennya di depan dosen pembimbing.

“Ketika bimbingan, dosbingku sempat penasaran dengan judul yang kuajukan. Dan itu membuatku harus mempertahankan argumen agar judul ini bisa berhasil karena ini termasuk yang baru. Puji Tuhan dosen pembimbingku ternyata mendukung dan dalam prosesnya juga diberikan kemudahan dalam mencari tempat penelitian. Berkat bantuan teman yang tak lain adalah dosen di tempatku penelitian, aku bisa melanjutkan skripsi ini. Dukungan dari orang tua, saudara serta sahabat pula yang memberiku semangat dalam mengerjakan skripsi ini”

Seorang yang aktif

Selain bercerita mengenai proses skripsinya, ia juga menceritakan proses ketika berkuliah. Selama menempuh pendidikan S1 di Fakultas Psikologi, peraih IPK 3,81 ini memang aktif di berbagai kegiatan kepanitiaan yang ada di kampus.

“Aku sempat mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Fakultas Psikologi yakni Hypnomorphosis namun hanya beberapa semester saja. Lalu aku juga melanjutkan organisasi menjadi Kepala Bidang 1 Penalaran Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi periode 2014/2015. Selain itu juga sempat ikut kepanitiaan menjadi Sie Acara PICASO 2014, Wakil Ketua PICASO 2015 serta Senada 2015.”

Di sela-sela menunggu untuk wisuda pada 17 Desember nanti, Linda saat ini tengah aktif mengerjakan pelayanan di dalam maupun di luar gereja. Selain itu ia juga aktif tergabung dalam organisasi pelayanan untuk misi ke daerah pedesaan serta pedalaman. (Ign)

Kategori: ,