Awalnya Tertarik Robot
Kamis, 15 Desember 2016 | 10:44 WIB

dian2F Dian Waluyo atau yang kerap di sapa Waluyo ini adalah Pria kelahiran semarang 26 maret 1994 yang menjadi  Wisudawan Terbaik dari Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro Unika Soegijapranata pada Wisuda periode III tahun 2016 dengan judul skripsi “ Desain dan Implementasi pompa air montor BLDC dengan suplai tenaga surya”

Skripsi yang ia buat berisi tentang membuat aplikasi dari panel surya, karena kebanyakan panel surya digunakan sebagai penerang jalan yang biasanya ada di daerah pelosok dan tidak terjangkau listrik PLN, disitu  ia menggunakan panel surya untuk menggerakkan sumber dari pompa air  dengan  merancang alat yang ramah lingkungan, murah dan bahkan  gratis jika menggunakan tenaga surya. yang bermanfaat untuk para petani terutama yang membutuhkan pompa air untuk mengairi sawah.

Saat melakukan pengerjaan skripsi ia mendapatkan kendala cuaca saat melakukan penelitian atau uji coba yang ia buat karena dengan menggunakan tenaga surya, saat dicoba ternyata cuaca tidak mendukung, tetapi dengan dorongan orang tua dan dosen, pria ini tetap semangat dalam melakukan uji coba dan akhirnya berhasil. Hal tersebut karena saat awal semester sebelum memasuki skripsi juga sudah diajarkan membuat atau mengimplementasikan ilmu elektro jadi tidak kaget saat mengerjakan skripsi.

Pria yang berhobi tidur, badminton, basket, ngeGame, dan suka nonton film ini juga serius saat mengikuti mata kuliah yang diberikan dosen. Pria yang tinggal di Bandungan ini setiap pergi kuliah mengendarai sepeda motor setiap hari, ia tidak kecapean atau tidak ingin ngekos di daerah unika, “Karena di jalan bisa merefresh otak kita  juga, apalagi pemandangan setiap hari di jalan berubah-ubah dan mendapatkan inspirasi-inspirasi saat saya mempunyai tugas bisa memikirkan dijalan” jelasnya.

Motivasi Waluyo kuliah di Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata diawali dengan ketertarikannya pada pertemanan pada kakak angkatannya dulu dan mainan robot yang baginya sangat mengasyikkan.

Cara menjadi wisudawan terbaik menurut pria ini adalah harus belajar dan konsentrasi saat dosen memberikan pelajaran. Pria ini juga mempunyai harapan untuk para mahasiswa agar dapat  mengimplementasikan nilai nilai ATGW dan melatih soft skillhard skill serta kelanaran bahasa inggris.

Pria yang memiliki motto ‘Always Give The Best’ ini juga sudah mendapatkan pekerjaan di PT. Mas Sumbiri Boja, sebuah perusahaan dari Srilanka  karena ia disarankan mencoba melamar pekerjaan di situ, kemudian ia mencobanya dengan berbagai tahap yang harus ia lakukan dan diikuti akhirnya lolos dan diterima.(Dsa)

Kategori: ,