VISITING PROFESSOR UNIVERSITY OF SAN CARLOS KE FEB UNIKA
Rabu, 9 November 2016 | 15:52 WIB

visiting-professorProgram Dosen tamu atau Visiting Professor ini merupakan implementasi dari Memorandum Of Understanding (MOU) dan Memorandum Of Agreement (MOA) antara Unika Soegijapranata dan University of San Carlos Cebu yang ditandatangani pada tahun 2015. MOU dan MOA tersebut mencakup lecturer exchange, student exchange dan joint research. Untuk kegiatan lecturer exchange pertama telah dilakukan pada bulan Februari 2016 dengan pengiriman dua dosen FEB Unika Soegijapranata, yaitu Dr Octavianus Digdo Hartomo dan Dr Dwihayu Agustini untuk menjadi visiting professor di School of Business and Economics University of San Carlos dan dilanjutkan dengan kedatangan dua dosen San Carlos untuk menjadi dosen tamu atau visiting professor di FEB Unika pada tanggal 30 Oktober 2016 sampai tanggal 6 November 2016 yakni  Dr Challoner Matero, CPA dan Marites Khanser, DBA.

Dr Challoner Matero yang merupakan  Dekan of the School of Business and Economics of the University of San Carlos (USC). Selain menjadi Full Professor di  Accountancy Department of USC, Dr Matero juga merupakan praktisi dalam bidang Auditing sebagai partner Kantor Akuntan Publik Matero and Associates serta menjadi president Institute of Internal Auditor Philipine Cebu Chapter. Marites Khanser, DBA yang juga merupakan Full Professor di University of San Carlos Cebu juga pernah menjadi Head of Research di School of Business and Economics USC dan telah benyak memperoleh research grant dari lembaga lembaga internasional diantaranya Chartered Institute of Management Accountant di Inggris serta Sumitomo Foundation di Jepang. Dari hasil penelitiannya, Dr Khanser telah menghasilkan 7 jurnal internasional dan 16 publikasi berupa buku.

Selama di FEB Unika Soegijapranata, kedua dosen tamu tersebut memberikan kuliah di program S1 dan S2 Manajemen dan Akuntansi, mengadakan diskusi dan sharing dengan para dosen dalam bentuk collaborative academic meeting, collaborative meeting on certification program. Selain itu pada tanggal 4 November 2016 Dr Chaloner Matero dan Dr Marites Khanser menjadi pembicara dalam Collaborative Seminar bersama dua dosen Unika, yaitu Dr Octavianus Digdo Hartomo dan Dr Rustina Untari.

Dalam kunjungan ini dilakukan juga penulisan proposal dan disepakati pelaksanaan penelitian bersama antara tim peneliti dari Unika Soegijapranata dan University of San Carlos dengan topik Asean Corporate Governance Scorecard dan Green Business in Asean yang akan berlangsung selama 6 tahapan dalam 3 tahun.  Hasil penelitian bersama tersebut akan dipresentasikan bersama di International Conference di Cebu, Philipina dan akan dikirimkan sebagai publikasi internasional bersama antara Unika Soegijapranata dan University of San Carlos Cebu.

Kegiatan lain yang telah juga dilaksanakan sebagai bentuk realisasi MOU antara Unika dan University of San Carlos adalah kegiatan student exchange dalam bentuk pengiriman 30 mahasiswa University of San Carlos ke Semarang pada bulan November 2016 yang dilanjutkan pengiriman 30 mahasiswa FEB Unika Soegijapranata untuk menjadi pembicara dalam Students Forum pada International Conference on Business and Economics 2017 dan mengikuti cultural immersion program yang diadakan di University of San Carlos Cebu pada bulan Februari 2017. Selanjutnya diharapkan kerjasama kedua  universitas ini akan terus berlanjut setiap semesternya sehingga masing-masing pihak akan memperoleh manfaat berupa peningkatan kualitas akademik dan pembelajaran serta kualitas riset dan publikasi para dosen dan mahasiswa.

Kategori: