Unika Gelar Penelitian Bersama Youngstown University Ohio
Selasa, 22 November 2016 | 7:41 WIB
Ridwan Sanjaya (kiri) Kristine Blair (tengah) Cecilia Murniati (kanan)

Ridwan Sanjaya (kiri) Kristine Blair (tengah) Cecilia Murniati (kanan)

Unika Soegijapranata menyepakati kerjasama khususnya di bidang penelitian dengan Youngstown State University (YSU) di Ohio.

Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Pengembangan, Dr Ridwan Sanjaya menjelaskan, pertemuannya dengan Andrew Shepard-Smith, Direktur kantor hibah dan kerjasama YSU, merupakan kelanjutan dari pelaksanaan hibah penelitian Kerjasama Luar Negeri (KLN) yang baru saja dilakukan di kampus itu.

Dalam pelaksanaan hibah KLN, Dr Cecilia Titiek Murniati dan Dr. Ridwan Sanjaya menjadi peneliti mitra dari Prof Kristine Lisa Blair, Dekan College of Liberal Arts and Social Sciences YSU.

“Penelitian tersebut mengambil tema integrasi teknologi dalam pendidikan terutama untuk pembelajaran kolaboratif,” terang Ridwan melalui keterangan tertulisnya pada Tribun Jateng, Senin (21/11/2016).

Ia menambahkan, mahasiswa dari kedua universitas diajak terlibat dalam pengembangan purwarupa (protytype) permainan digital untuk berbagi pengetahuan.

Di lain sisi, Andre Shepard-Smith menyatakan penelitian antar kedua universitas yang sudah berjalan perlu dikembangkan, bukan hanya dari disiplin ilmu yang terlibat tetapi juga dukungan finansial dari kalangan industri di Ohio.

“Dengan dukungan finansial dari kedua belah pihak, penelitiandapat dilakukan dengan skala keterlibatan yang lebih besar,” imbuh Andre

Dr Cecilia Titiek Murniati, menambahkan keterlibatan penelitiandi Amerika dapat membuka wawasan para peneliti di Indonesia mengenai etika dan kebijakan penelitian terutama penelitianyang melibatkan manusia sebagai subjek penelitian.

“Peneliti perlu mengetahui prosedur penelitian yang ketat agar dapat melindungi subjek penelitiannya. Wawasan tersebut merupakan merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mengawali penelitian di sana,” pungkasnya. ( http://jateng.tribunnews.com )

Kategori: