Sistem Informasi Hybrid, Antar Alvon Juara Nasional
Rabu, 2 November 2016 | 14:48 WIB

WWS 01_11_2016 Sistem Informasi Hybrid, Antar Alvon JuaraBENDHAN DHUWUR – Tenaga kependidikan Unika Soegijapranata, Alvon Ponco Hadi Heru, berhasil meraih juara pertama kategori Administrasi Akademik, dalam “Anugerah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Nasional”, yang digelar oleh Kemenristekdikti.

Inovasi Hybrid IT yang digagasnya, yakni sistem yang menggabungkan antara resource in house dan cloud base, berhasil memukau dewan juri. Hasil dari inovasi tersebut, antara lain Kartu Rencana Studi (KRS) online, laporant hasil studi, angket evaluasi online dan pendaftarart wisuda online, aplikasi tersebut pun bisa diunduh di Google Play.

“Sistem informasi terpadu administrasi akademik dalam aplikasi Hybrid IT ini, memudahkan mahasiswa dalam mengisi KRS, melihat Kartu Hasil Studi (KHS), mendaftar wisuda, mengetahui jumlah yang harus dibayar untuk biaya perkuliahan dan sekaligus mengetahui kalender akademik atau informasi-informasi lainnya seputar perkuliahan di Unika Soegijapranata,” papar Alvon, saat ditemui Koran Pagi Wawasan di kampus Unika, Bendhan Dhuwur, Semarang, Senin (31/10).

Tidak hanya itu, aplikasi tersebut juga dilengkapi notifikasi kepada penggunanya untuk mengingatkan segala sesuatu yang dibutuhkan mahasiswa. Saat ini, dirinya juga tengah mengembangkan program tersebut. Termasuk pemberian username dan password kepada orangtua mahasiswa, agar dapat melihat KHS serta biaya yang telah dibayarkan kepada universitas.

“Jadi nantinya orangtua bisa cek langsung, kalau selama ini ada mahasiswa yang masih tidak jujur kepada orang tua mengenai hasil studi mereka, kedepan tidak bisa lagi. Pengembangan ini juga dilatarbelakangi, banyaknya pertanyaan orangtua kepada pihak universitas mengenai studi yang ditempuh anak mereka,” tandas pria yang bergabung dengan Unika mulai 1994 itu.

Piagam Penghargaan
Dijelaskan, aplikasi tersebut sudah terintregrasi dengan Unika Menyapa, yang diluncurkan pada April 2015 lalu dan mulai digunakan sejak awal 2016. Atas keberhasilan tersebut, dia berhak mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp 30 juta.

Wakil Rektor IV Unika Soegijapranata Dr Ridwan Sanjaya SE, mengapresiasi positif capaian yang diraih. Ditandaskan, seiring dengan prestasi tersebut kualitas pelayanan akademik kepada mahasiswa di Unika Soegijapranata, juga akan semakin meningkat.

“Prestasi ini kita harapkan dapat menjadi pemicu bagi tenaga kependidikan lainnya dalam menghasilkan inisiatif, dan kreativitas ide-ide layanan yang lebih inovatif sekaligus menjadi solusi akademik bagi mahasiswa,” pungkasnya. ( Wawasan, 1 November 2016, hal. 20 )

Kategori: