SEMINAR PACARAN “MEMBANGUNMU ATAU MENGHAMBATMU?”
Rabu, 23 November 2016 | 11:13 WIB

pacaranPada hari Jumat (18/11) telah diadakan seminar dengan tema “PACARAN”. Seminar tersebut bertempat di Ruang Teater Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, dan wajib diikuti oleh mahasiswa S1 Fakultas Psikologi angkatan 2016. Tujuan diadakannya seminar tersebut adalah untuk memberikan wawasan, motivasi, dan saran bagi para mahasiswa dalam hal pacaran. Selain itu, juga memberikan bekal kepada para mahasiswa tentang bagaimana gaya pacaran yang benar dan membangun.

Christine Wibhowo, S.Psi., M.Si selaku pembicara seminar menjelaskan tentang empat pilar yaitu spiritualitas, material, penghormatan, dan seksualitas dalam menjalin hubungan dengan seseorang. “Empat pilar tersebut harus dimiliki kedua belah pihak dan diusahakan di antara mereka harus ada keseimbangan. Hal tersebut tidak hanya berlaku bagi mereka yang sudah pacaran, tetapi juga bagi mereka yang masih dalam proses pencarian,”jelasnya.

“Pacaran yang membangun adalah ketika di antara kedua belah pihak saling memberikan dan menerima sebuah motivasi diri, membuat orang tersebut menjadi lebih berprestasi, dan membuat orang tersebut menjadi lebih baik dan maju,” imbuhnya.

“Lalu ketika dalam pacaran tidak mengalami ketiga unsur tersebut, sering terjadi pertengkaran, membuat orang tersebut mengalami luka batin yang sangat dalam, bahkan orang tersebut mengalami sebuah kemunduran dalam hal apapun itu, sebaiknya hubungan tersebut harus segera diakhiri,”tuturnya.

Beliau berpesan bahwa jangan pernah menyesal jika dalam menjalin sebuah hubungan pernah mengalami kegagalan. Jadikanlah kegagalan tersebut sebagai awal dari pelajaran, pengalaman, dan pembentukan sikap yang membawa pada sebuah keberhasilan. Untuk yang terpenting, jika sedang mengalami apa yang namanya sakit hati, harus segera disembuhkan dan harus berani terbuka dengan kenyataan yang ada. (Vania VS)

Kategori: ,