Raih Juara I Tingkat Nasional
Kamis, 10 November 2016 | 14:33 WIB

img_2853Siapa yang mau berjuang, pasti akan menang. Kata-kata tersebut tidak bisa menjadi isapan jempol belaka, namun kata-kata itulah yang membawa Alvonsius Ponco Hadi Heru Cahyono, S.Kom, MM menorehkan prestasi gemilang. Berbagai inovasi yang telah ditawarkan Alvon begitu nama sapaannya, telah dirasakan manfaatnya oleh seluruh civitas Akademika Unika. Mulai inovasi dengan KRS online, AEP online, nilai online, hingga mahasiswa dapat melaksanakan pendaftaran wisuda online yang melekat pada sistem sintak unika berbasis web.

Kosongkanlah gelas sebelum bertemu dengan orang lain, hal ini pula yang membuat Alvon tidak bermegah diri meskipun sudah membuat terobosan-terobosan baru. Lulusan Magister Manajemen Unika Soegijapranata ini juga selalu membuka pikiran untuk setiap saran, masukan serta kritikan yang membuatnya terus berkembang. Keberanian untuk selalu bertanya jika tidak tahu, memperbaiki jika terdapat hal yang salah juga dilakukannya untuk menciptakan suatu karya yang tepat guna.

Bermula dari penugasan pihak rektorat untuk mengikuti pemilihan tenaga administrasi kependidikan berprestasi, hal ini menjadi langkah awal bagi Alvon untuk menunjukkan karyanya yang telah di terapkan di Unika kepada pihak luar, terlebih dalam mengikuti lomba di Tingkat Kopertis wilayah VI melalui makalah dengan judul “Optimalisasi Administrasi Akademik menggunakan Hybrid Information Technology melalui Unika Menyapa”.

Dalam makalahnya dibahas mengenai penggunaan Hybrid Information Technology yang mengkolaborasikan resource in house yang sudah tersedia dalam website SINTAK serta cloud based yang didapatkan dari layanan google play yang diakses melalui Android dalam satu genggaman melalui aplikasi Unika Menyapa.

“Saat ini semua orang cenderung ke arah digital natives, mereka cenderung ingin semua serba instan dan serba cepat serta dapat diakses melalui satu genggaman. Melihat peluang ini, haruslah dioptimalkan agar dapat menjawab tuntutan dari berbagai pihak. Maka, dengan inovasi Unika Menyapa diharapkan semua problem yang ada bisa teratasi dalam satu sentuhan tanpa harus bersusah-susah mengurus. Selain dari pihak konsumen diuntungkan, kita pula diuntungkan dengan kemudahan akses informasi tersebut” ungkap Alvon.

Inovasi tersebut ternyata berhasil mengantar Alvon sebagai juara II Tenaga kependidikan terbaik di Tingkat Kopertis Wilayah VI. Kendalapun sempat terjadi dalam proses pengajuan makalah tersebut, seperti  terjadi perbedaan antara pemahamannya dengan persepsi penilaian para juri tentang sustainability (keberlanjutan) sehingga Alvon tidak menyediakan blueprint dari makalah yang ia presentasikan, sehingga para juri menganggap perencanaannya kurang matang.

Boyong Juara I Tingkat Nasional

Tak berhenti sampai di tingkat Kopertis VI saja, ternyata karya Alvon juga dilirik oleh panitia pusat dan beliau kembali didaulat untuk menjadi salah satu peserta dari 10 karya yang terpilih di tingkat Nasional dan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang ikut dalam Pemilihan Tenaga Kependidikan terbaik Tingkat Nasional.

Setelah mengetahui bahwa dirinya masuk dalam jajaran nominasi pemilihan tersebut, Alvon yang telah belajar dari kesalahan yang lalu kembali mempersiapkan diri dengan baik dan selalu berkonsultasi dengan Dr. Ridwan Sanjaya yang merupakan pakar IT agar persiapan semakin matang. Selain itu, dengan menyertakan berbagai perlengkapan tambahan, beliau siap untuk mempresentasikan hasil karyanya.

Berkat usaha dan hasil kerja keras serta ketekunannya, beliau berhasil memboyong Juara 1 untuk kategori Tenaga Kependidikan Administrasi Akademik di tingkat Nasional sekaligus mengukuhkan bahwa usaha disertai doa akan menghasilkan suatu kepuasan yang sulit dinilai dalam materi apapun. (Ign)

Kategori: ,