Perdalam Public Speaking Lewat Pakar
Rabu, 9 November 2016 | 13:25 WIB

speakingKemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang harus ada didalam jiwa seorang komunikator. Dengan menguasai public speaking kita memiliki kesempatan luas untuk mengaktualisasikan segala potensi di hadapan siapapun. Ini adalah kesempatan untuk promosi diri. Karena bukan siapa yang Anda kenal yang akan membuat hidup Anda berubah, tetapi siapa yang mengenal Andalah yang akan membuat hidup Anda berubah.

Mengingat hal tersebut maka Progdi Ilmu Komunikasi Unika Sorgijapranata mengadakan Seminar Public speaking dengan tema  “From Zero To Hero” pada Selasa (1/11) berlokasi di theater gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, dengan menghadirkan dua pembicara yang memang sudah ahli di bidang komunikasi khususnya public speaking yaitu Ir. Yosafat A. R  yang merupakan praktisi sekaligus penyiar berita TVRI Jawa Tengah dan Rotumiar Pasaribu, SS., M.I.Kom selaku dosen Progdi Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata.

Dalam sesi pertama yang menjelaskan pentingnya public speaking dengan metode digital public speaking menyimpulkan bahwa public speaking tidak harus dilakukan dengan tatap muka secara langsung kepada banyak orang, melainkan juga dapat dilakukan dengan media.

“Jika kalian malu untuk bertatap muka secara langsung. Tidak masalah, karena public speaking tidak hanya berbicara secara langsung. Tetapi dapat kalian lakukan dengan berbicara di depan kamera seperti pada video kreatif yang banyak tersebar di youtube” tutur Rotumiar.

Sedangkan pada sesi kedua mahasiswa lebih dijelaskan mengenai tata cara berbicara di depan kamera. Seperti yang ada di televisi, tata cara dan juga peraturan untuk tampill di depan kamera jelas berbeda dengan penampian di depan umum.

“Dalam melakukan public speaking kita jelas harus mengenal terlebih dahulu lawan berbicara kita. Karena jika kita tidak mengenal atau memahami secara langsung akan sulit untuk memahami pesan yang disampaikan,” jelas Yosa. (R.Jeff)

Kategori: ,