Pembentukan Unika MUN Club
Selasa, 22 November 2016 | 16:38 WIB

mun-2017Model United Nations atau MUN, merupakan simulasi pendidikan atau persaingan akademik yang mengajarkan mahasiswa tentang diplomasi, hubungan internasional, dan PBB. MUN mengajak semua pesertanya untuk meneliti, berbicara di depan umum, berdebat, dan keterampilan menulis. Selain itu juga mengajarkan untuk berpikir kritis, kerja sama tim, dan kemampuan kepemimpinan.

Untuk mewadahi mahasiswa – mahasiswi yang sering terlibat dalam kegiatan MUN ini, pada Senin (21/11), Unika Soegijapranata mengadakan seminar sekaligus pembentukan MUN Club di gedung Antonius Lt.2 . Raimund Edwin Gunawan selaku anggota MUN 2016 mengungkapkan bahwa pembentukan MUN Club ini bertujuan untuk mewadahi dan menjadi badan khusus yang menghubungkan antar mahasiswa anggota MUN di Unika Soegijapranata yang sebelumnya mahasiswa yang terlibat dalam MUN ini berjalan sendiri tidak ada wadahnya.

“Dengan adanya badan khusus ini, nantinya dapat mempermudah jalur informasi dan birokrasi perijinan dan mempermudah proses latihan para anggota,” ungkapnya yang akrab dipanggil Edwin.

Pengalaman sebelumnya anggota MUN merasa kesulitan dalam hal koordinasi saat akan mengikuti kegiatan MUN di tempat lain. Misalnya saat akan berangkat ke Roma pada Maret 2016 lalu. Administrasi, perijinan dan pergantian personil membuat anggota yang terlibat merasa kesulitan untuk mengurusnya, sehingga para anggota harus berusaha secara mandiri untuk mengurus semuanya.

“Harapannya agar kedepannya nanti dapat mempermudah segala hal yang berkaitan dengan MUN,” lanjutnya

Dalam MUN Club ini, para anggotanya akan dilatih mengenai urutan MUN, pembuatan position papper beserta tahapannya, dan banyak hal lain yang berkaitan dengan MUN ini. Selain itu juga agar dalam persiapan mengikuti kegiatan MUN di berbagai negara, para anggota dapat mempersiapkannya dengan baik.(Dsa)

Kategori: ,