Pelatihan Jurnalistik Kronik
Senin, 7 November 2016 | 15:08 WIB

pelatihan-jurnalistikUnika Soegijapranata mengadakan pelatihan jurnalistik untuk wartawan kampus (kronik) yang diselenggarakan oleh Humas Unika, dengan mengundang Bapak Gunarso sebagai praktisi jurnalistik yang sudah lama menekuni dunia jurnalistik selama kurang lebih 24 tahun.

Dalam materinya Pak Gun begitu sapaannya, menjelaskan tentang teknik menulis berita yang baik dan benar. “Berita intinya bercerita, artinya cerita yang faktual dan nyata. Berita tersebut juga harus ada unsur berita yaitu 5W+1H,  dan disusun berdasarkan urutan nilai pentingnya berita, artinya sebagai contoh dalam suatu berita yang ditonjolkan bisa ‘apanya’ yang penting atau ‘siapanya’ yang penting, bukan semua informasi harus dimuat,”jelasnya

“Demikian juga ketika kita membuat judul berita, maka harus ringkas, jelas dan tegas, intinya secara sederhana, judulnya harus bisa membuat orang tertarik untuk ingin membaca,” tandasnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan tentang konsep minat  yang sangat penting dalam jurnalistik, karena dengan tidak adanya minat maka seorang jurnalis akan kesulitan dalam menuliskan berita.

Seorang jurnalis harus memiliki penguasaan materi atas berita yang akan diliput, pengalaman dan wawasan tentang bidang yang akan diliput. Olehkarena itu sangat penting bagi penulis untuk melakukan Observasi langsung dan tidak langsung dari situasi berita, Proses wawancara, Pencarian atau penelitian bahan-bahan melalui dokumen publik atau   Partisipasi dalam peristiwa.

“Empat nilai agar sebuah informasi layak diangkat sebuah berita yaitu obyektif: berdasarkan fakta, tidak memihak, aktual: terbaru, belum banyak diketahui umum, luar biasa: aneh, janggal, tidak umum, unik, dan penting: Pengaruh atau dampaknya bagi orang banyak; menyangkut pemikiran atau komentar,”tambahnya.

Pelatihan dilaksanakan pada Sabtu (5/11) di Gedung Mikael lantai 3 kampus Unika Soegijapranata, dan dihadiri oleh seluruh anggota Kronik Unika. (Dsa)

Kategori: ,