Minat Dosen Menulis Buku Rendah
Selasa, 1 November 2016 | 9:49 WIB

SM 29_10_2016 Minat Dosen Menulis Buku RendahSEMARANG-Minat dosen untuk menulis buku referensi masih rendah Kebanyakan dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta (PTN/PTS), hanya berminat menulis buku ajar untuk kalangan mahasiswa.

Hal itu diungkapkan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unika Soegijapranata, Prof Dr Andreas Lako dalam workshop Penulisan Buku Referensi di Unika, baru-baru ini. Tampil sebagai pembicara lainnya, Prof Jogiyanto Hartono MBA CMA PhD dari UGM.

Andreas mengatakan, masih minimnya minat dosen dalam menulis buku referensi, terlihat saat kenaikan pangkat fungsional dosen. la yang menjabat sebagai penilai angka kredit (PAK) jabatan fungsional dosen di Kopertis Jateng melihat, dosen yang menghasilkan tulisan ilmiah, berupa buku referensi dapat dihitung dengan jari. Mayoritas, nilai kredit dosen dipemleh lewat poin A (pengajaran) dan pengab-dianmasyarakat(poinC), sedangkan dari poin B, yakni penelitian, termasuk penulisan buku referensi jumlahnya sedikit.

"Di Unika, dosen yang sudah menulis buku referensi pun baru ada beberapa. Hal itu juga terjadi di semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta," tambahnya.

Menurut dia, menulis buku referensi menjadi penting bagi dosen untuk menuangkan hasil pemikiran, teori, dan riset ilmiah yang sudah dilakukannya. Harapannya, buku itu kemudian bisa menjadi acuan banyak pihak dalam mengembangkan teori, konsep, pengambilan keputusan, dan kebijakan. (Suara Merdeka, 29 OKTOBER 2016, hal. 18)

Kategori: