Mahasiswi Akuntansi Unika Raih Prestasi Tingkat Nasional
Kamis, 3 November 2016 | 9:15 WIB

renyBermula dari pembuatan tugas akhir berupa pembuatan paper mata kuliah Teori Investasi Pasar Modal, beberapa mahasiswa mengikuti seleksi penyisihan per wilayah yang diadakan di Gedung Justinus Unika Soegijapranata. Akhirnya, terpilih 9 orang yang mewakili Unika Soegijapranata untuk mengikuti lomba tersebut.

Setelah mengalami proses seleksi yang panjang di tingkat wilayah dari 9 orang yang mewakili Unika Soegijapranata, terpilih 2 mahasiswi, dan salah satunya Renny Purnomo yang lolos ke tahap semifinal dan grandfinal yang diadakan di Jakarta tanggal 29  dan 30 September 2016.

Renny Purnomo, Mahasiswi Unika Soegijapranata yang telah menginjak semester VII Progdi Akuntansi ini, baru saja dinobatkan sebagai juara III paper terbaik Kompetisi Nasional Pasar Modal di Jakarta. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia dan bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mengenai apa itu investasi dengan menggunakan uang virtual. Investasi dalam kompetisi tersebut  berhubungan dengan jual beli saham secara real time dengan berdasar pada pergerakan harga saham sesungguhnya di pasar modal.

“Jadi, lomba ini menjadi semacam simulasi bagi para mahasiswa yang awalnya misalnya kita bayar Rp 100.000,- nantinya di uang virtual dapat berlipat menjadi Rp 100.000.000,-” ungkap Renny.

Indikator Penilaian

Lomba terdiri dari 2 tahap yaitu paper dan presentasi yang menjadi indikator penilaian. Pada saat pelaksanaan lomba, setiap peserta hanya berkewajiban mempresentasikan paper yang diajukan selama 10 menit dan tanya jawab selama 20 menit

“Salah satu indikator yang dilombakan adalah papernya yang berisikan analisis mengenai misalnya mengapa kamu membeli saham tersebut, mengapa kamu membeli di waktu tersebut, kapan saham yang kamu beli akan kamu jual, mengapa kamu menjual saham tersebut” papar Renny

“Banyak pengalaman baru yang didapat dari lomba ini akan tetapi cukup nervous juga karena baru pertama kali mengikuti lomba berskala nasional. Selain itu, setelah lolos seleksi tingkat wilayah menuju tingkat nasional, dalam penyusunan paper aku banyak meminta pendapat dari Ibu Lucky selaku pembimbingku” jelas Renny.

Pengalaman sebelumnya, Renny pernah mengikuti perlombaan paper dalam acara Accounting Student Conference 2014 yang diselenggarakan oleh Unika Soegijapranata tingkat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada acara tersebut, ia memperoleh prestasi sebagai Juara III  paper dan presenter terbaik.

Sedikit mengulang pengalaman saat awal-awal ingin studi di Unika, ia sempat bercerita ketika akhirnya ia memutuskan memilih akuntansi sebagai bidang yang ia tekuni untuk selanjutnya. Karena menurutnya, ilmu dalam ekonomi paling mudah diterima dan berguna untuk hidup serta hampir semua kegiatan dalam hidup membutuhkan ekonomi sebagai salah satu dasar dan ternyata pilihannya tidak salah, hingga akhirnya beberapa prestasi berhasil diraihnya bahkan pada kompetisi tingkat nasional. (cal)

Kategori: ,