Mahasiswa Madagaskar Pecinta Kuliner Indonesia
Jumat, 4 November 2016 | 8:01 WIB

chyntiaPerempuan dengan nama lengkap Cynthia Razafinandrasana yang berasal dari Madagaskar ini merasa begitu senang dan bersyukur menjadi bagian dari Darmasiswa Unika 2016/2017. Cynthia, begitu ia biasa disapa, memiliki ketertarikan di bidang kuliner sehingga ia ingin mengetahui lebih banyak tentang kuliner dan pariwisata negara lain. Alasannya memilih Indonesia yaitu karena ia tertarik dengan kekayaan kuliner sekaligus pariwisata yang dimiliki Indonesia. Ia berpendapat bahwa Indonesia adalah negara yang lebih berkembang dibandingkan dengan  Madagaskar sehingga ia bisa belajar lebih banyak hal di Indonesia.

Indonesia dan Madagaskar terpisah jarak yang jauh secara fisik, tetapi nyatanya Cynthia merasa tidak ada perbedaan yang jauh antara Indonesia dan Madagaskar. Salah satunya yaitu makanan utama masyarakat Madagaskar adalah nasi sama seperti masyarakat Indonesia. Meski terdapat beberapa perbedaan seperti agama mayoritas dan suhu udara Indonesia yang lebih panas, Cynthia tetap merasa senang bisa merasakan tinggal di Indonesia.

Cynthia yang di negaranya kuliah di Universitas Amkateo dan pada 20 Juni lalu berusia 17 tahun ini merasa nyaman tinggal di Semarang. Meskipun Cynthia banyak berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, namun ia tidak merasa kesulitan bersosialisasi dengan teman-temannya di Unika maupun masyarakat lokal. Ia menganggap orang-orang di Semarang dan teman-temannya di Unika begitu ramah, baik, dan membuatnya dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik. Selama di Unika Soegijapranata, Cynthia melakukan kegiatan pengabdian masyarakatnya bagi para mahasiswa di Unika yang tertarik untuk belajar bahasa negara lain dengan mengajarkan bahasa Malagasy yang merupakan bahasa resmi masyarakat Madagaskar. Sebagai seorang mahasiswa dari luar negara, Cynthia memiliki semangat belajar dan rasa ingin tahu yang besar terhadap budaya, kuliner, dan juga pariwisata Indonesia. Ia belajar bahasa Indonesia, belajar tentang kuliner Indonesia, serta mempelajari bahan herbal dan mengikuti kelas jamu bersama mahasiswa Unika lainnya. Harapan Cynthia adalah ketika masa darmasiswa nya berakhir, ia dapat mempergunakan semua ilmu yang ia dapat selama belajar di Unika untuk mengembangkan bidang kuliner di negaranya. (SF)

Kategori: ,

One Response to “Mahasiswa Madagaskar Pecinta Kuliner Indonesia”

  1. […] Mahasiswa Madagaskar Pecinta Kuliner Indonesia […]