Humanisasi di Desa Penadaran
Senin, 14 November 2016 | 10:15 WIB

c_3942Dengan mengambil lokasi di Desa Penadaran, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, para mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Soegijapranata melaksanakan berbagai kegiatan dalam bentuk pengabdian yang diberikan oleh mahasiswa kepada masyarakat setempat. Kegiatan yang hampir mirip dengan live in ini sering disebut dengan kegiatan  ‘Humanisasi’ dan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 3 -5 November 2016.

Dalam kegiatan humanisasi ini para mahasiswa telah didorong untuk berkreasi membuat recycle barang bekas menjadi baju yang nantinya akan dipakai sebagai busana dalam acara fashion show. Selain itu mahasiswa juga mengisi kegiatan dengan menampilkan kegiatan drama, kegiatan amal seperti halnya membagikan sembako kepada warga desa Panadaran dan juga melakukan aksi menanam pohon bersama.

Dalam hal lain, para mahasiswa juga dituntut terlibat dalam kegiatan rutin tuan rumah yang menerima mereka selama live in, misalnya berkebun, beternak dll. Hasil kebun tersebut berupa pisang, mangga, jagung dan beberapa hasil kebun lainnya yang dinilai sangat cocok dengan kondisi tanah yang cukup keras daerah desa Penadaran.

Humanisasi, menjadi salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh FHK Unika, dan merupakan kegiatan yang bersifat wajib bagi angkatan 2016 dan selalu memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Keramahan warga setempat juga menjadi nilai tambah pada kegiatan Humanisasi ini. Mahasiswa mengaku diterima dengan sangat hangat di dalam keluarga baru di desa Penadaran ini.

“Kegiatan humanisasi ini sangat bermanfaat dan menambah pengalaman baru bagi saya.  Sikap warga desa ini juga sangat ramah dan kekeluargaan,” ucap Alex sebagai salah satu peserta kegiatan ini. (R. Jeff)

Kategori: ,