ULANG TAHUN CAMPUS MINISTRY UNIKA – Tuhan Saja Cukup
Kamis, 20 Oktober 2016 | 16:21 WIB

1Solo Dios Basta. Tuhan Saja Cukup. Itulah tema yang diangkat dalam perayaan Ulang Tahun ke-15 Campus Ministry Unika Soegijapranata, Semarang. Perayaan ulang tahun ini dilaksanakan di halaman dormitory pada hari Sabtu, 15/10. Acara yang dihadiri ratusan mahasiswa ini dikemas bersamaan dengan ulang tahun ke-2 Dormitory St. Teresa Avila. Hadir pula Rektor Unika, Prof. Dr. Ir. Y. Budi Widianarko, MSC. Dimeriahkan pentas drama atau teater, tari-tarian, nyanyian pujian, perayaan Ekaristi syukur, potong kue ulang tahun dan ramah-tamah.

Dalam homilinya, Rama Yohanes Gunawan Pr, selaku kepala Campus Ministry, menggali makna dan sejarah kehadiran pelayanan rohani di Unika. “Sebelum ada Campus Ministry, pelayanan kerohanian kampus bernama Pelayanan Pastoral Mahasiswa (PPM) tingkat universitas dan fakultas, di bawah UKM. Pembimbing rohani Unika Soegijapranata waktu itu adalah Rama Johannes Pujasumarta Pr”, urai Rama Gunawan.

Lebih lanjut, dituturkan pada tanggal 5 Agustus 2001 saat Dies Natalis XIX, Campus Ministry secara resmi berdiri. Campus Ministry atau Reksa Pastoral Kampus adalah unit pelayanan kampus yang dibentuk untuk melayani pembinaan kebutuhan dan pengembangan rohani Universitas, baik untuk dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Sesuai dengan amanat Konstitusi Apostolik tentang Universitas Katolik Ex Corde Ecclesiae (1992), Paus Yohanes Paulus II mengajak Reksa Pastoral Kampus (Campus Ministry) berusaha mempertegas dan memperjuangkan tegaknya nilai-nilai kristiani.

“Untuk konteks Unika Soegijapranata, kami menekankan nilai Cinta Kasih, Keadilan, dan Kejujuran sebagaimana visi kampus ini”, tegas Rama Gunawan .

Dalam memaknai perayaan ulang tahun ke-15, dipersembahkan sebuah drama yang menyoroti pentingnya membangun kepedulian kepada sesama yang berkekurangan supaya hidup menjadi lebih bermakna. Saat itu juga ada pelantikan pengurus Campus Ministry yang baru periode 2016-2017.

Campus Ministry dan Dormitory Unika Soegijapranata berada di bawah perlindungan Santa Teresia Avila (1515-1582). clip_image001Santa Theresia Avila mengajarkan bahwa kita harus memiliki kepercayaan yang besar akan penyelenggaraan Tuhan bagi kita. Ia menulis bahwa seseorang yang memiliki Tuhan, tidak kekurangan suatu apa pun. Tuhan saja sudah cukup (Solo Dios Basta).

Sebelum pemotongan kue ulang tahun, Rektor Unika menyampaikan rasa syukur atas aneka capaian yang dianugerahkan Tuhan kepada kampus ungu ini. Fakultas Kedokteran, Program Studi Hubungan Internasional dan Program Doktoral Lingkungan Hidup sebentar lagi akan dibuka. “Saya meyakini kampus ini berkembang sampai saat ini karena campur tangan Tuhan yang luar biasa. Kita percaya akan penyelenggaraan Tuhan. Gusti ora sare. Bahkan pengelolaan dormitory kita dinilai terbaik oleh pemerintah. Konsekwensinya kita ditawari membangun dormitory lagi”, tegas Prof Budi.

Dalam usia dua tahun ini Dormitory tiga lantai yang dikelola para suster Carmelite Missionaries tersebut diminati para mahasiswa. Kamar sudah penuh terisi, bahkan sampai menolak. Keramahan Sr Emiliana Bupu, CM selaku kepala dormitory dan para suster yang lain menjadi daya tarik para mahasiswa. # CM

Lihat foto lainnya

Kategori: