Pameran Kerajinan Asmat dari Papua
Kamis, 20 Oktober 2016 | 10:36 WIB
RDRPekalongan 18_10_2016 Pameran Kerajinan Asmat dari Papua

PRESENTASI MAHASISWA – Berbagai kerajinan ala Suku Asmat karya mahasiswa FAD Unika dipamerkan di kampus tersebut.

Anda suka melihat keunikan karya seni Suku Asmat dari Papua yang terbuat dari kayu dan bambu? Bila penasaran, tentunya tak perlu jauh-jauh harus pergi ke Papua. Berbagai kerajinan ala Suku Asmat bisa Anda temui di halaman Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata.

Berbagai karya seni Suku Asmat buatan mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Angkatan 14 Unika Soegijapranata ini dipamerkan. Karya tersebut sebelumnya dibikin setelah sejumlah mahasiswa beberapa bulan ada yang melakukan penelitian di Papua. Kemudian karyanya diadopsi dipamerkan untuk adik kelas untuk diteliti keunikannya sebagai wujud suka akan pelestarian karya budaya anak bangsa.

Dekan FAD Unika, Dr Susanti mengatakan, karya arsitektur mahasiswa FAD Unika ini yang mengadopsi sebuah kerajinan dan bangunan dari Suku Asmat bisa diamati. Karena banyak keunikan, yakni bangunan dan bentuk ini tanpa menggunakan paku atau las, akan tetapi semua menggunakan tali. “Suku pedalaman di sana sangat unik dan terampil. Mahasiswa kita yang sudah terjun ke sana, hasilnya dibuat di sini dan bisa dinilai adik kelasnya. Mereka diminta mensketsa dan membuat laporan,” jelasnya.

Choesmartadi, Dosen FAD Unika menjelaskan, penelelitian mahasiswa FAD di Papua dibantu Yayasan Rumah Asuh. Banyak masyarakat yang tertarik dengan karya Suku Pedalaman Papua.

“Karya ini nantinya akan dibuat sebuah diskusi budaya pada 24 Oktober nanti. Selama seminggu ini dipamerkan dan dapat dilihat dan dinilai betapa kreatifnya,” terangnya. ( http://www.radarpekalongan.com )

Kategori: