Mahasiswa University of San Carlos Cebu Kunjungi Unika Soegijapranata
Kamis, 6 Oktober 2016 | 7:42 WIB

SM 05_10_2016 Mahasiswa University of San Carlos Cebu Kunjungi Unika SoegijapranataMengikuti Kuliah di FEB Unika dan Cultural Exchange

Mahasiswa University of San Carlos Cebu Filipina mengunjungi Unika Soegijapranata. Kunjungan ini sebagai bagian dari Cultural Immersion Program dengan berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Akuntansi. Selama delapan hari dari 23 September sampai dengan 1 Oktober 2016, 30 mahasiswa asal University of San Carlos Cebu mengikuti berbagai kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan, pemahaman budaya Indonesia serta ekskursi wisata.

Kegiatan akademik diantaranya mengikuti perkuliahan beberapa mata kuliah di FEB Unika. Antara lain Akuntansi Pemerintahan, Perpajakan, Akuntansi Syariah dan Kewirausahaan serta praktikum Enterprise Resource Planning. Selain kunjungan ke beberapa perusahaan, yaitu ke Bank Jateng Syariah, PT Jamu Borobudur, dan kunjungan ke beberapa UKM binaan Unika Soegijapranata di Ungaran, Ambarawa dan Bandungan.

Mahasiswa dari Filipina itu juga melakukan culture exchange dengan mengunjungi tempat wisata budaya yang ada di Semarang. Setelah itu para mahasiswa dari Filipina juga mempresentasikan tentang budaya, makanan khas, festival keagamaan, serta kebiasaan-kebiasaan mereka yang mirip dengan orang Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Memorandum of Understanding (MOU) antara Unika Soegijapranata Semarang dan University of San Carlos Cebu City Filipina yang telah ditandatangani pada 2015 lalu. MOU yang sudah ditandatangani oleh kedua universitas ini sudah mulai diimplementasikan kedua belah pihak dalam beberapa kegiatan. Yakni program lecture exchange pada Februari lalu.

Dua dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika, Dr Octavianus Digdo Hartomo, MSi Akt dan Dr Dwihayu Agustini selama beberapa bulan menjadi visiting professor di School of Business and Economics University of San Carlos. Berikutnya, akan dilakukan kunjungan balasan dua dosen dari San Carlos untuk menjadi visiting professor di FEB Unika pada bulan November 2016 mendatang.

Untuk program pengenalan budaya meliputi belajar karawitan dan gamelan, belajar tarian Jawa di kampus Unika, serta belajar membatik alam di Gemawang, Kabupaten Semarang. Mahasiswa FEB Unika juga akan pergi berkunjung ke Universitas of San Carlos Cebu untuk melakukan student exchange pada bulan Februari 2017 mendatang.(http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: