Mahasiswa Filipina Berkunjung ke Unika
Kamis, 6 Oktober 2016 | 9:56 WIB

SM 06_10_2016 Mahasiswa Filipina Berkunjung ke UnikaSebanyak 30 mahasiswa dari University of San Carlos, Cebu, Filipina berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata.

Kunjungan tersebut berlangsung selama akhir September sampai awal Oktober itu bagian dari pertukaran mahasiswa dan dosen. Selama kunjungan, mahasiswa mengikuti kuliah di FEB untuk beberapa mata kuliah seperti Akuntansi Pemerintahan, Perpajakan, Akuntansi Syariah dan Kewirausahaan serta praktikum. Selain itu ditunjang juga dengan kunjungan ke beberapa perusahaan untuk mempelajari sistem akuntansi.

Ketua Panitia Pertukaran Mahasiswa FEB Unika Soegijapranata, Octavianus Digdo Hartomo mengatakan, pada 2015 telah ada perjanjian kerja sama sama antardua universitas yakni University of San Carlos dan Unika. Program pertukaran dosen telah dilaksanakan. ”Dari Unika sudah ke sana. Saya dan Dwihayu Agustini di Filipina beberapa bulan. November mendatang gantian dosen dari Filipina visiting professor di sini,” ujarnya, Rabu (5/10).

Dijelaskannya, petukaran pendidikan tersebut merupakan bagian dari kerja sama untuk meningkatkan kualitas masing-masing fakultas. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk saling belajar terhadap kultur. ”Mahasiswa juga saling berkunjung,” katanya.

Kegiatan kemahasiswaan dari dua kampus di Asia Tenggara itu meliputi diskusi antarlembaga kemahasiwaan dan mengenai aktivitas seni. Untuk program pengenalan budaya Jawa meliputi belajar karawitan dan gamelan, belajar tarian Jawa serta belajar membatik. Para mahasiswa FEB Unika juga akan berkunjung ke Universitas of San Carlospada Februari 2017 mendatang. (Suara Merdeka 6 Oktober 2016, hal. 22, http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: ,