Kunjungan Universitas Setia Budi ke Unika
Kamis, 6 Oktober 2016 | 15:04 WIB

kunjungan-unisetbud“Dewasa ini para Human Resources (HR) perusahaan banyak mengeluhkan mengenai mental anak zaman sekarang yang sulit untuk lebih tekun dan ulet dalam kerja, sehingga mahasiswa disarankan untuk ikut berorganisasi dalam kampus karena organisasi melatih agar tidak mudah sensitif terhadap masalah dalam dunia kerja saat kelak mereka bekerja” tutur Dr. Kristiana Haryanti, Msi. Psi. selaku Kepala UPT Soegijapranata Student Career Center (SSCC) didampingi oleh Dr. Ridwan Sanjaya sebagai Wakil Rektor IV  Unika Soegijapranata, saat menerima kunjungan  Tim Universitas Setia Budi Solo yang dipimpin oleh Narimo, ST., MM  sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, bertempat di Ruang Hijau Gedung Mikael lantai 3 pada hari Senin (3/10).

Lebih jauh Dr. Kristiana dalam pemaparannya, menjelaskan bahwa SSCC dibentuk karena dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan Unika Soegijapranata yang sudah siap mengimplementasikan ilmunya ke dunia kerja maupun menciptakan usaha sebagai wirausahawan di masyarakat.

Dr. Kristiana yang juga menjadi Wakil Ketua APIO ( Asosiasi Psikologi Industri Organisasi ) juga menambahkan “Bahwa dalam dunia kerja saat ini, masalah lain yang sedang marak adalah perusahaan yang menahan ijazah dari para karyawan baru fresh graduate dengan adanya penandatanganan kontrak kerja, sehingga apabila para pekerja tersebut tidak dapat memenuhi kontrak kerja, ijazah yang ditahan harus diganti dengan sejumlah biaya. Hal ini pun cukup dimaklumi karena perusahaan telah mengeluarkan biaya untuk proses rekrutmen misalnya untuk proses seleksi, wawancara, tes kesehatan yang mahal sehingga perusahaan membutuhkan jaminan dari para karyawan fresh graduate untuk serius bekerja untuk perusahaan dalam waktu yang lama,” jelasnya.

“Untuk membekali para mahasiswa supaya lebih siap menghadapi dunia kerja maka Unika Soegijapranata melalui UPT SSCC  melakukan kegiatan-kegiatan antara lain: Job Fair, seminar atau workshop, campus hiring, dan informasi buku wisuda. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng mitra perusahaan yang sudah bermitra dengan Unika selama kurang lebih 23 tahun,” tambahnya.

“Selain itu, SSCC juga membantu instansi perusahaan dalam pemasangan iklan lowongan kerja melalui penayangan poster di website Unika. SSCC juga memberikan bantuan  bagi perusahaan mitra untuk mengadakan proses seleksi seperti menyediakan ruangan untuk kebutuhan tes psikotest dan wawancara,”pungkasnya. (Cal)

Kategori: ,