KKU Unika Latih Mahasiswa Dampingi UMKM
Selasa, 4 Oktober 2016 | 10:02 WIB

kkuSebelum mengikuti kegiatan KKU (Kuliah Kerja Usaha) yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 Oktober 2016, seluruh mahasiswa yang ikutserta dalam kegiatan KKU tersebut mengikuti pembekalan pra KKU. Pembekalan tersebut bertujuan untuk memberikan bekal sekaligus informasi penting untuk mahasiswa, supaya mereka paham tentang bagaimana dan apa yang harus mereka lakukan pada saat mereka melakukan pendampingan terhadap Mitra Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan KKU periode satu semester gasal tahun akademik 2016/2017 ini wajib diikuti oleh para mahasiswa semester enam sampai dengan semester akhir.

Kegiatan KKU ini dilepas oleh Prof. Dr. Andreas  Lako, selaku kepala LPPM Unika Soegijapranata dengan didampingi oleh Rudy Elyadi,SE.,MM selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan KKU, pada hari Senin (3/10) bertempat di lapangan futsal Albertus Unika Soegijapranata.

Rudy Elyadi mengatakan bahwa ada syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengikuti kegiatan KKU. Syaratnya adalah IPK minimal 2,00 dan mahasiswa tersebut harus sudah menyelesaikan 100 SKS. Kemudian, untuk jumlah pesertanya pada tahun ini terdapat sebanyak 242 mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKU tersebut, yang terdiri dari 68 mahasiswa jurusan akuntansi, 23 mahasiswa jurusan teknik arsitektur, 47 mahasiswa jurusan desain komunikasi dan visual, 33 mahasiswa jurusan manajemen, dan 10 mahasiswa jurusan lainnya yaitu jurusan teknik informatika, sistem informasi, teknik sipil, teknik elektro, hukum, ilmu komunikasi, psikologi, teknik pangan, dan bahasa.

Kemudian, terdapat enam tempat atau wilayah yang digunakan untuk kegiatan KKU tersebut, yaitu Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati, Kelurahan Kemijen Kecamatan Semarang Timur, Kelurahan Tanjung Mas Kecamatan Semarang Utara, Kelurahan Gisikdrono Kecamatan Semarang Barat, Paroki Sambiroto dan Yayasan Kuncup Melati Semarang.Kecamatan Gunung Pati (Kelurahan Kandri), Kelurahan Kemijen, Paroki Sambiroto, Kelurahan Tanjung Mas, Kelurahan Gisikdrono, dan yang terakhir adalah Yayasan Pendidikan Kuncup Melati.

Selama kegiatan KKU berlangsung, banyak hal yang akan dilakukan oleh mahasiswa terutama memberikan pendampingan kepada mitra UMKM. UMKM pada wilayah tersebut mayoritas berfokus kepada usaha rumah tangga dan jasa. Tujuan dari kegiatan KKU tersebut merupakan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Para mahasiswa akan belajar sambil membantu mitra UMKM untuk mengembangkan sebuah usaha, membuat usaha tersebut menjadi lebih maju dan teratur, serta menciptakan sebuah inovasi baru yang membuat usaha tersebut menjadi lebih baik dan menarik. Selain itu, mahasiswa juga dapat belajar bersama para UMKM tentang bagaimana cara mengatur usahanya selama ini. (VVS)

Kategori: ,