30 Mahasiswa Filipina Belajar Akuntansi di Unika Soegijapranata
Kamis, 6 Oktober 2016 | 10:38 WIB

TRB 05_10_2016  30 Mahasiswa Filipina Belajar Akuntansi di Unika SoegijapranataUnika Soegijapranata Semarang dan University of San Carlos Cebu City, Philippines telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) pada tahun 2015 lalu.

Kini pelaksananan perjanjian kerjasama itu terus dilakukan setelah tiga puluh mahasiswa dari University of San Carlos Cebu City yang berkunjung ke FEB Unika akhir bulan lalu.

Humas Unika, Yuwono Agus, melalui keterangan pers, Rabu (15/10/2016) menjelaskan bahwa Kegiatan Cultural Immersion program ini dilaksanakan selama 8 hari, yaitu tanggal 23 September hingga Oktober 2016 dan mencakup kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan, pemahaman budaya Indonesia serta kegiatan ekskursi wisata.

"Kegiatan akademik meliputi mengikuti perkuliahan di FEB Unikauntuk beberapa mata kuliah seperti Akuntansi Pemerintahan, Perpajakan, Akuntansi Syariah dan Kewirausahaan serta praktikum Enterprise Resource Planning," terang Agus.

Untuk menunjang materi yang sudah diberikan di kelas, Unikajuga mengajak 30 mahasiswa Akuntansi asal Filipinaberkunjungan ke beberapa perusahaan, yaitu ke Bank Jateng Syariah untuk melihat penerapan akuntansi Syariah, kunjungan ke PT Jamu Borobudur untuk melihat program aplikasi komputerakuntansi SAP serta kunjungan ke beberapa UKM binaan UnikaSoegijapranara yang ada di Ungaran, Ambarawa dan Bandungan.

"Dengan begitu mahasiswa dari luar negeri akan paham dengan materi yang sudah diberikan karena juga diajak untuk melihat langsung implementasi mata kuliah yang diberikan," imbuhnya.

Para mahasiswa dari Filipina juga melakukan culture exchange dengan mengunjungi tempat wisata budaya yang ada di Semarang, setelah itu para mahasiswa dari Filipina juga mempresentasikan tentang budaya, makanan khas, festival keagamaan serta kebiasaan-kebiasaan orang Filipina yang mirip dengan Indonesia, kepada mahasiswa FEB.

"Mereka juga kami kenalkan dengan karawitan dan gamelan, belajar tarian Jawa di kampus Unika serta belajar membatik alam di Gemawang Kabupaten Semarang. Selanjutnya, para mahasiswa FEB Unika juga akan pergi berkunjung ke Universitas of San Carlos, Cebu untuk melakukan student exchange pada bulan Februari 2017 mendatang," pungkasnya. (http://jateng.tribunnews.com)

Kategori: