Unika Soegijapranata Wisuda 421 Lulusan
Selasa, 13 September 2016 | 12:46 WIB

TRB 13_09_2016 Unika Soegijapranata Wisuda 421 LulusanUniversitas Katolik Soegijapranata menyelenggarakan prosesi wisuda terhadap 421 lulusan di Gedung Sports Hall, Unika, Jalan Pawiyatan Luhur, Kota Semarang, Sabtu (10/9) lalu.

Rektor Prof Budi Widianarko MSc menyemangati wisudawan dengan istilah You Are What You Are Good at". "Artinya kalau kita memiliki kompetensi di suatu bidang dengan sangat baik maka kita bisa mendapat peluang untuk dapat berkarya di berbagai belahan dunia," kata Budi dalam rilis yang diterima Tribun Jateng, Senin (12/9).

Istilah itu, kata Budi, dia temukan setelah menyoroti tulisan Victoria Fanggidae di Harian Kompas, 2 September 2016. Dalam tulisan itu disebutkan Indonesia terpuruk di peringkat paling bawah pada hampir semua jenis kompetensi yang diperlukan orang dewasa untuk bekerja dan berkarya sebagai anggota masyarakat.

Budi memaklumi, simpulan tulisan tersebut karena setelah ditelaah lebih lanjut, pembanding bagi Indonesia adalah negara-negara maju. "Namun yang unik adalah bahwa sebaran kompetensi di berbagai daerah di Indonesia itu lebih tinggi daripada negara lain atau kemampuan kompetensi manusia dewasa di Indonesia memiliki kemampuan yang sangat beragam, lebih dari negara-negara maju," ungkapnya. (Tribun Jateng, 13 September 2016, hal. 10)

Kategori: