Unika Kampanyekan Barang Bekas
Senin, 26 September 2016 | 11:17 WIB

JTP 26_09_2016 Unika Kampanyekan Barang Bekas
Ada pemandangan yang berbeda di acara Car Free Day (CFD) Jalan Pahlawan Minggu (25/9). Masyarakat dikejutkan dengan kehadiran peserta karnaval Green Creativity Campus in Carnival yang diadakan UKM Soegijapranata Echo Life (SEL).

Sedikitnya ada 20 lebih peserta yang ikut karnaval. Uniknya kostum yang mereka pakai berasal dari barang bekas atau daur ulang dengan dibentuk berbagai kreativitas.

Ully Hotmauli, Dosen Pendamping UKM Soegijapranata SEL mengatakan, ajang ini baru pertama kali digelar oleh mahasiswa UKM. Ide yang temanya mengangkat soal barang bekas karena ini peduli kebersihan lingkungan. "Nampaknya barang bekas bisa dimanfaatkan, mengapa tidak dilombakan saja. Akhirnya event lomba terwujud peserta dari SMP, SMA/SMK hingga mahasiswa kita libatkan ditantang menciptakan kreasi barang bekas. Dan hasilnya seperti ini, sebelum merekaberlomba diuji untuk karnaval di CFD dilihat banyak orang," urainya.

Wakil Rektor III Unika, Lita Widyo Hastuti mengapresiasi UKM Soegijapranata SEL dan dosen pendampingnya yang bisa mengampanyekan manfaat dari barang bekas yang ternyata bisa dibuat kostum berbagai bentuk. "Ini tidak mudah, karena kreasinya membutuhkan kejelian peserta dan timnya. Kostum yang mereka pakai di antaranya terbuat dari botol plastik, kertas bekas dan lain-lain seperti ala Semarang Night Carnival" jelasnya yang kemudian dimeriahkan lomba fotografi dan menggambar.

Dan dalam lomba kostum barang bekas kemarin juara pertama akhirnya diraih  Il-ham Adipratama dari siswa SMA Negeri 10, juara dua diraih siswa dari SMA Negeri 5 dan juara tiga diraih Fasya Trixie dari siswa SMA Negeri 10. (Jateng Pos, 26 September 2016, hal. 2)

Kategori: