Rektor Ingatkan Kompetensi Lulusan Unika
Selasa, 13 September 2016 | 13:28 WIB

WWS 13_09_2016 Rektor Ingartkan Kompetensi Lulusan UnikaBENDANDHUWUR – Ditengah sejumlah kritik terhadap kinerja pendidikan di Indonesia yang masih dibawah negara-negara lain di ASEAN, namun banyak lulusan perguruan tinggi di dalam negeri termasuk lulusan Unika Soegijapranata, yang bekerja di luar negeri.

"Fakta ini menunjukkan, sebenarnya kita harus lebih percaya diri dalam menilai mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Di era globalisasi siapapun anda, lulusan manapun anda yang penting adalah kompetensi yang dimiliki, "You Are What You Are Good At" artinya kalau kita menguasai atau memiliki kompetensi di suatu bidang dengan sangat baik, maka kita bisa mendapat peluang untuk dapat berkarya di pelbagai belahan dunia," papar Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ir Y Budi Widianarko, dalam Wisuda Periode II tahun 2016 di kampus Bendan Dhuwur, Sabtu (10/9).

Dirinya mencontohkan, ada seorang alumnus Unika Soegijapranata mengawali karirnya selama 10 tahun bekerja di Kabupaten Pati,
namun setelah itu dia sudah memimpin sebuah perusahaan industri yang dimiliki oleh multi corporation di Petaling Jaya, Malaysia. Ada juga yang awalnya bekerja di Tangerang, berkarya pada perusahaan lokal, lalu hijrah ke Johor Baru dan sekarang bekerja di Singapura.

"Mereka adalah mahasiswa yang lulus dari Unika, pada delapan atau 10 tahun yang lalu, tidak pernah belajar di luar negeri tetapi belajar di Indonesia, dalam hal ini di Unika. Selama mereka bekerja,kemampuan mereka meningkat sehingga mendapat peluang. Jadi artinya peluang itu terbuka bagi siapapun, yang penting adalah kompetensi," lanjutnya didepan sebanyak 421 wisudawan.

Prof Budi menilai perpaduan antara kemampuan hardskill dan softskill serta menguasai literasi dalam teknologi komunikasi, akan memudahkan lulusan dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai.(Wawasan, 13 September 2016, hal. 18)

Kategori: