Grobogan Raih Rekor Muri
Kamis, 1 September 2016 | 15:43 WIB

SM 01_09_2016 Grobogan Raih Rekor Muri

■ Penggunaan Pewarna Alami Terbanyak

GROBOGAN – Kabupaten Grobogan mendapatkan penghargaan rekor bergengsi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Kota yang dikenal dengan produk pertaniannya itu, membuat rekor Mi Jagung dengan varian warna alami terbanyak, yakni 21 warna.

Penghargaan tersebut diberikan Deputi Managemen MURI Ariyani Siregar, saat acara memperingati Hari Jadi Ke-66 Provinsi Jawa Tengah di Kota Magelang, Minggu (28/8).

Rekor tersebut diberikan pada Bupati Grobogan Sri Sumarni, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, perwakilan Fakultas Pertanian Unika Soegijapranata Semarang dan Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Bupati Grobogan Sri Sumarni, mengatakan Kabupaten Grobogan merupakan sentra produk pertanian, salah satunya pada komoditas jagung. Komoditas jagung Grobogan sendiri, sudah memasok Jawa Tengah sekitar 19,1 % dana menjadi lumbung nasional.

”Grobogan merupakan salah satu penyangga pangan nasional dan Jawa Tengah. Baik itu di komoditas padi maupun palawija. Untuk jagung sendiri sudah memasok di Jawa Tengah sekitar 19,1 %,” kata dia didampingi Kabag Humas dan Protokoler Ayong Muchtarom, kemarin.

Banyak Diproduksi
Selain diolah menjadi mi, jagung Grobogan sudah banyak diproduksi dengan berbagai jenis makanan.

Termasuk camilan seperti emping jagung, dodol jagung, dan juga es jagung.

Inovasi pada komoditas jagung juga terus diupayakan. Bahkan saat ini mulai banyak UMKM yang membuat produk makanan dengan bahan jagung. Upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng banyak pihak untuk memberikan pelatihan pengolahan produk.

”Untuk sentra produk jagung sendiri ada di Kecamatan Wirosari. Tetapi tidak menutup kemungkinan daerah lain di Kabupaten Grobogan juga membuat produk dari jagung. Kami sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan produksi jagung ini. Seperti dengan BPPT dan Unika Soegijapranata Semarang,” tambah Ayong Muchtarom. (Suara Merdeka 1 September 2016, hal. 25)

Kategori: