Gratia Choir Unika Rekrut Anggota Baru
Rabu, 7 September 2016 | 8:04 WIB

DSC_0041 (1)Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unika Soegijapranata atau yang biasa kita kenal dengan nama Gratia Choir membuka audisi anggota Gratia Choir untuk seluruh mahasiswa Unika Soegijapranata. Audisi kali ini dibuka untuk para mahasiswa baru Unika angkatan 2016, walau tidak menutup kemungkinan untuk angkatan lainnya bergabung di UKM Paduan Suara Gratia Choir.

Audisi anggota Gratia Choir ini dilaksanakan selama empat hari berturut-turut (29/8-1/9), di Ruang Rapat LPPM, Gedung Mikael lantai 4 pada pukul 16.00-18.00. Audisi kali ini diadakan selama empat hari karena melihat antusiasme teman-teman mahasiswa yang cukup besar.

Para calon anggota Gratia Choir juga diwajibkan untuk mengeluarkan biaya sebesar dua puluh ribu rupiah, yang mana uang itu akan digunakan untuk membeli makanan untuk para calon anggota Gratia Choir pada saat audisi. Untuk sebagian mahasiswa, mengeluarkan biaya untuk mendaftar di sebuah UKM di kampusnya sendiri adalah hal yang tabu. Namun strategi ini dikeluarkan oleh Gratia Choir untuk “menyaring” teman-teman baru yang benar-benar serius mengikuti UKM Gratia Choir.

Mengingat  telah berhasil membawa Gold dan Silver medal di Singapore International Choral Festival (SICF) 2016 kemarin,  UKM Gratia Choir akan lebih selektif dalam memilih anggota-anggota baru. Selain itu, Gratia Choir juga akan mengikuti kompetisi paduan suara yang lebih bergengsi tahun depan, maka tentunya Gratia Choir sangat membutuhkan anggota-anggota baru yang lebih berkualitas.

“Masa depan Gratia Choir sendiri akan ada di tangan para anggota-anggota baru Gratia Choir, maka kami akan lebih selektif dalam memilih bibit-bibit unggul di Unika.” Tandas ketua PSM Gratia Choir, Agustinus Dian.

Dalam proses seleksi , para calon anggota baru UKM Gratia Choir, melewati dua tahap, yaitu; tahap wawancara, dan setelah itu tahap teknis, yaitu menyanyi. Para calon anggota baru diwajibkan menyayikan satu buah lagu, dari beberapa lagu pilihan, seperti; Tanah Airku, Ambilkan Bulan dan Burung Kutilang. Dari beberapa lagu pilihan tersebut, terlihat banyak calon anggota baru yang memilih lagu Tanah Airku, karena menurut mereka lagu tanah airku adalah lagu yang paling familiar.

Setelah menggelar audisi selama empat hari, maka terpilihlah 41 anggota baru Gratia Choir. Beberapa diantaranya berasal dari angkatan 2014 dan 2015, namun para anggota baru didominasi oleh para mahasiswa baru angkatan 2016. Setelah berhasil menjadi anggota Gratia Choir, mereka akan mengikuti Latihan Dasar (Latsar) selama dua hari dan mengkuti Malam Keakraban (Makrab).

Kegiatan latsar sendiri  akan diisi oleh pemberian pengetahuan-pengetahuan seputar dunia musik dan teknik bernyanyi, yang mana akan sangat berguna untuk para anggota baru nantinya  ketika berdinamika bersama para anggota Gratia Choir yang lainnya. (Sit.Nar)

Kategori: ,