FCD 2016 Unika Adakan Kompetisi Pangan Se-Jateng
Rabu, 21 September 2016 | 15:27 WIB

fcd3Kembali dengan inovasi baru, Fakultas Teknologi Pertanian memiliki cara tersendiri untuk memperkenalkan serta mempromosikan fakultasnya kepada siswa-siswi SMA/SMK melalui kegiatan Food Competition Day (FCD) 2016. Mereka diperkenalkan mengenai dunia pangan dengan berbagai lomba, seperti Cooking Competition serta English Debate yang tentu saja mengambil tema seputar dunia pangan. Kegiatan tersebut diselenggarakan hanya satu hari saja pada Sabtu (17/9) bertempat di Lab Kuliner untuk Lomba Masak serta ruang Theater Gd. Thomas Aquinas untuk Lomba Debat.

Menurut Ketua Panitia, William Kristiandi kegiatan ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, “Kami mencoba melebarkan sayap, jika sebelumnya peserta lomba hanya lingkup kota semarang yang mengikuti, namun melihat animo yang semakin tinggi dan baik, maka kami melanjutkannya ke tingkat yang lebih luas lagi yakni tingkat Provinsi Jawa Tengah” jelas William.

“Melalui kegiatan ini pula kami ingin mengedukasi kepada siswa SMA/SMK agar mereka lebih mengenal tentang dunia pangan. Selain itu, tahun ini FCD menggunakan tema ‘Zero Waste’ dimana peserta lomba harus meminimalkan limbah yang dihasilkan dari produk olahan pangan mereka sewaktu mengikuti lomba, hal tersebut karena selama ini banyak sekali olahan pangan terbuang dalam prosesnya” tambahnya.

Tema pada Cooking Competition tahun ini menarik, pasalnya bahan makanan utama yang harus dimasak tiap tahunnya berbeda-beda dan selalu yang dipilih adalah bahan makanan yang jarang dilirik oleh masyarakat. Tahun lalu panitia memilih lele untuk diolah peserta, sementara untuk tahun ini peserta harus mengolah buah dan sayuran. 8 tim tersebut ditantang oleh panitia untuk menyajikan olahan pangan dengan bahan-bahan tersebut dan diberikan durasi pembuatan selama 1,5 jam saja.

Hadirkan UMKM dalam kegiatan Kompetisi

Untuk tahun ini tim juri kompetisi memasak ada tiga orang, yaitu Christina Retnaningsih yang merupakan dosen FTP Unika, Ardianti Widianto merupakan seorang praktisi kuliner, dan Siswanta yang merupakan chef di salah satu hotel di Semarang. Siswanta adalah juri sekaligus bintang tamu untuk demo memasak pada pembukaan acara FCD tahun ini.

“Selain temanya yang baru, kami juga memberikan hal yang baru dengan menghadirkan UMKM yang berkembang dan diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan FCD ini. panitia sendiri memang sengaja tidak menyediakan makan siang bagi peserta, namun diganti dengan voucher yang akan ditukarkan di pameran UMKM FCD ini” lanjut William.

Selain itu, masih ada lagi lomba yang diselenggarakan dalam kegiatan Food Competition Day 2016 ini yaitu Lomba debat. Lomba yang diikuti oleh 14 tim dari berbagai SMA/SMK  baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah. Pertarungan sengitpun ditunjukan oleh masing-masing tim yang diwakili oleh 3 orang.

Kompetisi masak akhirnya dimenangkan oleh SMK Pius Magelang sebagai juara 1, disusul oleh SMA Terang Bangsa sebagai juara 2, dan SMK Kimia Industri Theresiana sebagai juara 3. Selain lomba memasak, pada hari yang sama FTP juga menggelar lomba debat mengenai isu-isu pangan nasional dan internasional. Lomba debat tahun ini dimenangkan oleh SMA Kristen YSKI (tim A) sebagai juara 1, SMAN 2 Semarang sebagai juara 2, dan SMA Kolese Loyola sebagai juara 3. Selain itu, terdapat juara bagi best speaker yang diberikan kepada Mutiara dari SMAN 2 Semarang. (Ign)

Kategori: ,