Career Formation Dosen SCU dan UKWK
Jumat, 30 September 2016 | 15:07 WIB

cflpsdmCareer Formation Dosen Unika Soegijapranata (SCU) dan Unika Widyakarya (UKWK) telah dilaksanakan di Malang, tepatnya di Unika Widyakarya selama tiga hari yaitu hari Jumat – Sabtu, tanggal 23 – 25 September 2016.

Kerjasama Kegiatan Career Formation Dosen antar dua universitas ini baru pertama kali diadakan, dan merupakan realisasi dari kesepakatan antar dua pimpinan universitas yaitu Prof. Dr. Ir. Y Budi Widianarko, M.Sc dari SCU dengan Rm. Albertus Magnus Herwanta Triwahyu Noegraha, Ocarm, MA. dari UKWK.  Kesepakatan sebenarnya juga tidak hanya dalam kegiatan Career Formation saja tetapi sebelumnya UKWK juga berniat untuk ikut dalam kegiatan Live In SCU pada bulan April 2016 lalu, namun karena materi kegiatan yang berbeda dan jumlah peserta yang sudah terlalu banyak maka baru kegiaatan Career Formation Dosen yang dapat dilaksanakan.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mengenalkan kepada para peserta tentang karir sebagai dosen untuk mencapai puncak. Hal lain kegiatan ini juga merupakan orientasi pegawai baru terhadap institusinya, sehingga selain dikenalkan karir dosen, dikenalkan pula internalisasi nilai-nilai atau core value dari universitas masing-masing yaitu SCU dengan nilai-nilai Soegijapranata, sedangkan UKWK dengan nilai-nilai Thomas Aquinas. Kemudian juga keterkaitannya dengan jati diri masing-masing universitas, misalnya : logo, hymne dan mars, termasuk sejarah universitas.

Untuk hal umum dari 2 perguruan tinggi ini adalah ex corde ecclesiae yaitu bagaimana perguruan tinggi katolik  dalam gereja serta posisinya seperti apa, terutama untuk masa yang akan datang. Termasuk orang-orang yang menggerakkannya yaitu para dosen tersebut.

Sambutan Rektor

Dalam sambutannya Prof. Budi menjelaskan “Bahwa selama ini kerja sama perguruan tinggi itu dilakukan dan dilaksanakan oleh para top pimpinan. Semestinya jangan dimulai dari top pimpinan tetapi mulailah dari dosen baru ini. Dosen baru ini sudah saling mengenal sejak Career Formation ini, kemudian mereka sudah terjalin komunikasi individu, ke depan apabila para dosen muda tersebut menduduki kursi pimpinan, mereka sudah kenal sebelumnya, sehingga kerja sama  bisa dilakukan lebih baik. Memang ada harapan ini menjadi embrio yang mungkin tidak hanya dilaksanakan oleh 2 perguruan tinggi saja tetapi bisa lebih dari 2 perguruan tinggi di lingkungan APTIK.”

Sedangkan Rektor UKWK Rm. Albertus, juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini cukup memberikan inspirasi dan motivasi untuk pengembangan, sehingga ketika ada tawaran ini mereka menyambut baik gagasan ini.

Dalam sambutan penutupnya Rm. Albertus mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa berjalan terus di masa yang akan datang, jadi tidak hanya berhenti sekali saja dilaksanakan tetapi berkelanjutan secara periodik di masa yang akan datang. Termasuk nilai-nilai yang mendasari dari masing perguruan tinggi akan digali, dikembangkan dan dihidupi oleh seluruh warganya.

Pihak yayasan UKWK juga hadir sampai acara selesai sehingga dari situ diharapkan dapat mengetahui apa saja yang dilakukan untuk membekali para dosen. Dan hal tersebut juga berarti ada kebutuhan dan keseriusan dari pihak UKWK terhadap kegiatan ini.

Pada tahap akhir, masing-masing peserta membuat action plan untuk mencapai karir yang tertinggi dan baru dinyatakan lulus jika sudah membuat dan menyerahkan action plan tersebut. Dan waktu yang diberikan kepada peserta untuk membuat action plan adalah satu bulan.

Career Formation Dosen ini diikuti oleh 14 peserta dari SCU, dan sebanyak 24 peserta dari UKWK. Adapun yang dari SCU ke 14 orang tersebut adalah dosen yang diterima mulai bulan Agustus 2015 hingga Agustus 2016 atau satu tahun, sedang untuk yang dari UKWK yaitu untuk dosen yang belum punya jabatan dan bukan dosen baru.

Saat ditanya tentang rencana kegiatan serupa di periode mendatang, Kepala LPSDM SCU Valentinus Suroto, SH., M.Hum juga menyampaikan tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di tempat yang bergantian, karena jika harus ke Malang lagi, jaraknya terlalu jauh. Disamping itu hal baik yang bisa dicontoh adalah totalitas pelayanan pada tamu seperti yang dilakukan tim UKWK di malang pada acara Career Formation Dosen yang lalu. (Fyas)

Kategori: