Berawal dari Hobi
Selasa, 6 September 2016 | 17:40 WIB

Ita MarianaFakultas Teknologi Pertanian (FTP) Program Studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata kembali mencetak salah satu wisudawan terbaiknya yaitu Ita Mariana dengan IPK 3,71 (Dengan Pujian).  Ia lahir di Pekalongan, tanggal 24 Februari 1994.

Sejak lulus dari SMA Karangturi ia sudah cukup mantap dengan pilihannya untuk memasuki FTP Unika, hal tersebut karena hobinya yang suka makan sehingga tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang dunia pangan.

Semasa kuliah, Ita pernah menjadi asisten dosen untuk Praktikum Mata Kuliah Kimia Dasar II, Analisa Pangan, Kimia Pangan. Ada berbagai cerita menarik yang ia peroleh selama 3 kali menjadi asisten praktikum, salah satunya pada saat Praktikum Mata Kuliah Analisa Pangan yang cukup lama untuk waktu pengerjaannya, pada awalnya ia mengakui kalau cukup bingung dalam mempersiapkan berbagai bahan dan peralatan yang dibutuhkan, tetapi ia mencoba untuk beradaptasi pelan-pelan tapi pasti, pada kloter selanjutnya, ia sudah bisa mulai memahami dengan belajar dari pengalaman sebelumnya.

Judul skripsi yang Ita tulis adalah “Potensi dan Identifikasi Bakteri Asam Laktat yang diisolasi dari Asinan Rebung Bambu Ampel yang difermentasi selama 5 dan 13 Kali”. Pemilihan judul tersebut, memang telah menjadi rencana Ita Mariana yang memiliki minat tersendiri dalam dunia fermentasi dengan pembimbing skripsi Dr. Ir. Lindayani, MP.

Dalam skripsinya, Ia meneliti tentang manfaat bambu ampel yang diambil bagian rebungnya yang kemudian mengalami proses fermentasi dan menghasilkan asinan rebung serta didapatkan isolat bakteri asam laktat

Ia juga mengisahkan tentang awal mula memasuki dunia teknologi pangan, penyesuaian yang cukup berat harus ditempuh, hal tersebut karena pada saat masih berada di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) praktikum masih dalam frekuensi yang sedikit, hal ini cukup jauh berbeda dengan dunia teknologi pangan yang dijalani saat kuliah.

Saat ditanya pesan dan kesan, Ita menyampaikan harapannya semoga Unika Soegijapranata semakin berkembang dan lebih maju dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikannya serta menjaga dan mengembangkan fasilitas laboratorium yang dimiliki. (cal)

Kategori: ,