7 Mahasiswa Asing Studi di Unika
Senin, 5 September 2016 | 12:37 WIB

KR 02_09_2016 7 Mahasiswa Asing Studi di UnikaTujuh mahasiswa internasional mulai mengikuti studi di Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang. Mereka tergabung dalam kelas Darmasiswa dengan masa studi 2 semester, mendalami ilmu tentang jamu Indonesia, kuliner serta wisata Indonesia. Kedatangan mereka Kamis (1/9) sore di kampus Bendan Duwur disambut resmi Wakil Rektor 1V Dr Ridwan Sanjaya dan Ketua International Office (JO) Unika Dr Ekawati Dukut.

"Program Darmasiswa merupakan program kuliah 2 semester studi di perguruan tinggi di Indonesia dengan beasiswa dari Kemenristekdikti.Program ini khusus bagi pemuda internasional yang ingin mengenal lebih jauh tentang bahasa Indonesia, bu-daya Indonesia dan ilmu-ilmu lainnya terkait keindonesiaan,"ujar Dr Ridwan Sanjaya.

Sedangkan Dr Ekawati Dukut menyatakan, Unika Soegijapranata sudah 6 tahun terakhir menyelenggarakan pro-gram Darmasiswa dengan kuota maksimal pertahun 15 orang mahasiswa asal luar negeri.Tujuh orang mahasiswa Darmasiswa tahun akallemik 2016 ini di antaranya berasal dari negara Madagaskar (Menderika Ny Hanitra Randriarivo dan Razafinandrasana), Slovakia (Miroslava Rizmanova), Korea Selatan (Park Bum-jin), USA (Aaron Michael Bonila), dan Venezuella (Aibar Alexander Meza Peretra). Tiap semester mere-ka mengambil sejumlah kredit mata kuliah wajib dan pilihan yang bisa mendukung mereka belajar tentang Indonesia serta il-mu-ilmu lain yang dlinginkannya."Mata kuliah wajib misalnya bahasa Indonesia, jamu, sedang yang pilihan misalnya gamelan, taxi, finansial Indonesia. Yang membedakan program Darmasiswa tahun ini dengan tahun lalu di antaranya tahun ini mahasiswa asing ini diminta melakukan pengabdian masyarakat dan sharing pengetahuan," terangnya. (Kedaulatan Rakyat 3 September 2016, hal. 10)

Kategori: