7 Mahasiswa Asing Mulai Studi di Unika
Jumat, 2 September 2016 | 13:12 WIB
KR 02_09_2016 7 Mahasiswa Asing Mulai Studi di Unika

para mahasiswa Darmasiswa berpose bersama WR IV (belakang, kanan)

Tujuh mahasiswa internasional mulai mengikuti studi di Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang. Mereka tergabung dalam kelas Darmasiswa dengan masa studi 2 semester, mendalami ilmu tentang jamu Indonesia, kuliner serta wisata Indonesia.

“Program Darmasiswa merupakan program kuliah 2 semeter¬† studi di perguruan tinggi di Indonesia dengan beasiswa dari Kemristekdikti. Program ini khusus bagi pemuda pemudi internasional yang ingin mengenal lebih jauh tentang bahasa Indonesia, budaya Indonesia dan ilmu-ilmu lainnya terkait keindonesiaan. Diharapkan setelah menyelesaikan program setahun ini mereka semakin cinta Indonesia dan menjadi duta-duta Indonesia di negara masing-masing” ujar Dr Ridwan Sanjaya.

Wakil Rektor IV Dr Ridwan Sanjaya dan Ketua International Office (IO) Unika Dr Ekawati Dukut menyatakan Unika Soegijapranata sudah 6 tahun terakhir menyelenggarakan program Darmasiswa dengan kuota maksimal per tahun 15 orang mahasiswa asal luar negeri.  Setiap semester mereka mengambil sejumlah kredit mata kuliah wajib dan pilihan yang bisa mendukung mereka belajar tentang Indonesia serta ilmu-ilmu lain yang diinginkannya.

“Mata kuliah wajib misalnya bahasa Indonesia, jamu, sedang yang pilihan misalnya gamelan, tari, finansial Indonesia. Yang membedakan program Darmasiswa tahun ini dengan tahun lalu di antaranya tahun ini mahasiswa asing ini diminta melakukan pengabdian masyarakat sharing pengetahuan tentang masakan, bahasa, budaya negara asal mereka pada sivitas akademika Unika.” (http://krjogja.com)

Kategori: