Vena Purnamasari – Rokok Ilegal Bisa Meningkat
Senin, 22 Agustus 2016 | 11:10 WIB

TBJ 22_08_2016  Vena Purnamasari - Rokok Ilegal Bisa meningkatBANYAK dampak positif jika harga rokok tinggi, mencapai minimal Rp 50 ribu/bungkus. Dari sisi ekonomi, pemerintah bisa dapat meningkatkan pendapatan cukai dalam struktur APBN.

Selain itu, para petani tembakau bisa menjual hasil panennya dengan harga yang lebih tinggi, dan pabrik rokok juga bisa mendapat untung lebih besar.

Hal itu mengingat konsumen rokok dikenal memiliki tingkat ketagihan yang tinggi dan pasti sulit melepas konsumsi rokok berapapun harganya.

Harga rokok mahal juga dinilai bisa mendorong pola hidup sehat, kerena hanya orang mampu saja yang akan bisa membeli produk itu. Di luar negeri, rokok pun merupakan barang mahal.

Dampak negatif dari kebijakan itu adalah dikawatirkan akan membuat produksi rokok non-cukai atau Ilegal meningkat. Jika hal itu dibiarkan, kenaikan harga rokok untuk meningkatkan pendapatan negara tidak, akan berjalan sebagaimana mestinya.

Sampai sekarang saja rokok yang tidak bercukai itu masih ada beberapa yang beredar, meski tidak sebanyak dulu. (Tribu Jateng 22 Agustus 2016, hal. 4)

_________________________
Vena Purnamasari
Ekonom Unika Soesijapranata

Kategori: