Unika Resmikan Prodi Baru Profesi Insinyur
Senin, 15 Agustus 2016 | 10:16 WIB

JTP 13_08_2016 Unika Resmikan prodi Baru Profesi InsinyurPersaingan dunia kerja di bidang pembangunan saat ini, Unika Soegijapranata tentu mendapat desakan dari masyarakat untuk membuka profesi keahlian di bidang teknik. Keinginan ini pun akhirnya terwujud, kemarin prodi baru, Profesi Insinyur akhirnya resmi turun SK dari Kemenristek Dikti.

Rektor Unika, Prof Budi Widianarko mengatakan, pihaknya sangat bersyukur Prodi Profesi Insinyur akhirnya sudah mendapatkan izin. Kenapa profesi Insinyur dibutuhkan para lulusan sarjana teknik (ST)? Karena saat ini lapangan pekerjaan pada lulusan ST dianggap kurang maksimal. "Kita membuka Profesi Insinyur yang kuliahnya hanya setahun dan para lulusannya nantinya mendapatkan gelar Insinyur (Ir). Bagi lulusan S1 sebaiknya ikuti program setahun profesi Insinyur karena saat lulus, ijazah dan sertifikatnya ada tambahan gelarnya Ir," katanya.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Jateng, Wisnu Suharto membenarkan, dalam dunia kerja seperti kontraktor sangat membutuhkan SDM lulusan bergelar Insinyur. Apabila sudah lulus prodi Insinyur diharapkan juga bisa ikut program sertifikasi yang diadakan PII dan bila lulus tingkatannya ada gelarnya semacam IPP IPM atau IPU.

"Persaiangan kerja dalam bidang pembangunan untuk fakultas teknik kalau bisa jangan hanya lulusan ST, akan tetapi ikutilah profesi Insinyur agar dalam bekerja juga punya jabatan dan wewenang," imbuhnya.

WR I Unika, Dr Agustina Sulastri menambahkan, prodi baru profesi Insinyur sudah bisa dibuka dan siap menerima mahasiswa baru. "Sementara ini kita butuh 20 orang pendaftar," tandasnya. (Jateng Pos, 13 Agustus 2016, hal. 6)

Kategori: