Trip ke Kaliurang bersama Mirror Unika
Kamis, 4 Agustus 2016 | 11:06 WIB

128990Siapa bilang kegiatan cinta alam hanya dilakukan oleh para  pencinta alam. Mirror, Salah satu UKM Fotografi yang ada di Unika Soegijapranata juga melakukan hal yang sama. Jika biasanya UKM Fotografi hanya hunting di tempat-tempat tertentu, namun kali ini Mirror memakai cara yang berbeda dan pastinya bermakna. Dengan tema “Lenscape To Kaliurang” UKM Mirror mengajak seluruh warga Unika Seogijapranata untuk menikmati alam bersama.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu (30-31/06). Kegiatan ini diikuti oleh belasan mahasiswa dari Unika Soegijapranata dengan fakultas yang berbeda-beda. Para peserta menetap di villa Bella Plaza di daerah Kaliurang.

Pada kegiatan ini Mirror menyajikan paket Trip yang beragam. Tujuan dari kegiatan ini jelas untuk meningkatkan rasa cinta akan alam dan juga sebagai tantangan tersendiri bagi para pencinta dunia fotogafi dalam menghunting foto.

Tempat destinasi yang dituju juga beragam, tidak hanya menikmati pemandangan alam. Disini para peserta juga diajak untuk lebih mengenal budaya yang ada di Indonesia sendiri. Bisa dilihat dari tempat destinasinya yaitu ke Museum Ullen Sentalu, Sunrise Jeep Java Tour, Hutan Wisata, Goa Jepang, Panorama Alam, Bukit Plawangan dan Eksotisme Gunung Merapi.

Di Museum Ullen Sentalu para peserta diajak untuk lebih mengenal pengetahuan tentang kerajaan di daerah Solo maupun Jogya. Museum Ullen Sentalu ini sendiri merupakan Museum Pribadi yang tidak terikat dengan pihak pemerintahan, sehingga barang-barang yang ada di museum ini jelas lebih istimewa dan berbeda dengan museum budaya lainnya.

Pada museum ini juga para peserta diajak untuk mengenal batik sehingga peserta bisa mengetahui beberapa perbedaan antara batik Jogja dan Solo. Didalam ukiran batik antara kedua batik ini juga memiliki makna tersendiri. Misalnya batik Jogja yang berbentuk gambar hewan laut, ini bermakna untuk menolak bala dan menolak segala hal yang berbau sial. Juga ada batik yang bermodel bulat-bulat seperti telur dimana batik ini di gunakan untuk pemakaman, karena batik ini memiliki makna kesucian.

Destinasi Wisata yang beragam

Keseruan kegiatan ini tidak hanya sampai dimuseum Ullen Sentalu. Para peserta juga diajak untuk menikmati alam menggunakan Lava Jeep Tour untuk melihat sunrise di Merapi. Dengan menggunakan 4 Jeep. Para peserta pergi untuk melihat keindahan sunrise. Kegiatan berfoto ria atau selfie tidak lepas dari kegiatan ini. Mengingat Mirror adalah salah satu UKM Fotografi Universitas, sehingga yang namanya aktifitas seperti berfoto jelas tidak dapat terpisahkan.

Didalam paket lava jeep tour ini juga mengunjungi beberapa tempat populer yang berada disekitar merapi seperti Batu Alien. Disebut demikian karena batu ini menyerupai muka seseorang yang unik. Makanya disebut dengan batu Alien. Batu ini juga secara tiba-tiba muncul usai kejadian erupsi tahun 2010 lalu.

Setelah selesai bersenang-senang di wilayah merapi. Kegiatan ditutup dengan mengunjungi Goa jepang. Menuju ke goa jepang ini fisik para peserta diuji, karena di goa jepang ini para peserta harus mendaki gunung untuk sampai ke goa jepang ini. Jarak yang ditempuh sekitar 800 meter dengan medan jalan yang berbentuk tangga batu. Di goa jepang sendiri terdapat 25 Goa. Goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian jepang dulu.

Kegiatan ini jelas memberikan banyak pengalaman seru dan menyenangkan.

“Kegiatan ini sangat seru. Apalagi ketika kami menaiki Jeep melewati genangan air. Selain memacu Adrenalin ini juga membuat kami berteriak ceria. Pokoknya kegiatan kali ini seru banget.” ucap Daniel Ariyanto. Salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Unika Soegijapranata yang menjadi peserta pada kegiatan ini. (R.Jeff)

Kategori: ,