Sebanyak 553 Mahasiswa Unika Berangkat KKN ke Tiga Kabupaten di Jateng
Selasa, 2 Agustus 2016 | 9:22 WIB
TRB 01_08_2016 Sebanyak 553 Mahasiswa Unika Berangkat KKN ke Tiga Kabupaten di Jateng

Sebanyak 553 Mahasiswa Unika Berangkat KKN ke Tiga Kabupaten di Jateng. FOTO KERJASAMA- Rektor Unika, Budi Widianarko menandatangani nota kesepahaman di gedung Gradika, Jalan Pahlawan Semarang, Senin (1/8/2016).

Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata melepas 553 mahasiswa untuk melaksanakan program (Kuliah Kerja Nyata) KKN selama 20 hari di tiga daerah yakni Kabupaten Grobogan, Kendal, dan Kota Semarang. seluruh peserta tersebut dilepas oleh Rektor di Gedung Gradika Jalan Pahlawan Semarang, Senin (1/8/2016).

Kepala Pusat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Unika, Rudi Elyadi menjelaskan selain melepas mahasiswa dalam kesempatan tersebut Unika juga menjalankan penandatanganan kerjasama dengan pemerintah provinsi, kota hingga kabupaten.

“Sebenarnya kerjasama sudah kami jalin sejak lama karena timKKN selalu menggandeng mitra Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), penandatanganan ini untuk memberikan payung hukum saja,” jelas Rudi. Dalam penandatanganan itu ia menyatakan mendapat pesan dari bupati Kendal untuk memfokuskan kegiatan dari beberapa bidang.

“Kalau di Kendal kami diminta fokus untuk merubah mindset masyarakat tentang pengertian hidup sehat, dan memahami pentingnya pendidikan, berbeda di Gubug, KabupatenGrobogan,” imbuh Rudi. Ia mencontohkan misalnya ada daerah yang meminta mahasiswa dari sipil dan arsitek.

Rudi menjelaskan, posisi mahasiswanya nantinya selain akan ikut berpartisipasi, juga akan mempromosikan program-program pemerintah provinsi dan daerahnya. Ia mencontohkan program kredit bunga rendah Bank Jateng menjadi salah satu yang akan dipaparkan mahasiswa di desa-desa yang menjadi tujuan KKNnantinya.

“Jadi KKN ini mereka melihat dan memantau usaha mikro, kecil, dan menengah kemudian KKU (Kuliah Kerja Usaha) nantinya yang akan memfollowup pendampingan peraih modal dari Bank Jateng,” beber Rudi.

Tautan : http://jateng.tribunnews.com

Kategori: