Juara II Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah
Kamis, 18 Agustus 2016 | 11:04 WIB

Alfonsus Ka.BAAK

Bapak Alvonsius Ponco Hadi Heru Cahyono, S.Kom, MM. atau biasa disapa Bapak Alvon. Ia merupakan alumni dari Magister Manajemen Program Konsentrasi Pemasaran Unika Soegijapranata tahun 2011. Sejak lulus SMA tahun 1992, ia melamar kerja di Unika tahun 1994 menggunakan ijazah SMA. Sembari bekerja, ia kembali menimba ilmu tahun 1996 di Jurusan Sistem Informasi demi pengembangan diri. Saat ini Bapak Alvon menjabat sebagai Penanggung Jawab Bagian Administrasi Akademik di Unika Soegijapranata. Pada awal keikutsertaannya di Unika, Pak Alvon ditempatkan sebagai tenaga tata usaha Fakultas Arsitektur sampai dengan tahun 2003. Sejak tahun 2003, Pak Alvon kembali dipindahkan ke Bagian Kepegawaian pada Biro Administrasi Umum (sekarang LPSDM) sampai dengan tahun 2006. Kemudian di tugaskan pada  Biro Administrasi Umum sejak tahun 2006 sampai dengan 2010. Untuk mengembangkan sistem akademik demi mengikuti perkembangan zaman, sejak 2010, Pak Alvon ditugaskan di Bagian Administrasi Akademik.

Banyak pengembangan yang telah diinisiasikan oleh Pak Alvon semenjak ditugaskan di Bagian Akademik antara lain dengan : KRS online, AEP online, nilai online, pendaftaran wisuda online yang melekat pada sistem sintak unika berbasis Web. Dalam pengembangan beberapa sistem tersebut Ia berkolaborasi dengan unit-unit terkait yang ada di Unika meliputi : UPT MSI, BAK, UPT PRM , UPT Perpustakaan Program studi dan tentunya para jajaran Wakil Rektor secara khusus WR 1 . Berkat beberapa karya yang ia torehkan demi mempermudah mahasiswa dalam mengakses informasi, Pak Alvon meraih Juara II Tenaga Administrasi Akademik Tingkat Kopertis VI Jawa Tengah.

Hybrid Information Technology

Pada mulanya, pihak rektorat menugaskan Bapak Alvon untuk mengikuti pemilihan tenaga administrasi kependidikan berprestasi. Sebagai persyaratan, Bapak Alvon membuat makalah yang berjudul “Optimalisasi Administrasi Akademik menggunakan Hybrid Information  Technology melalui Unika Menyapa” karena dipandang  semuanya sudah ada dan banyak sekali pengembangan yang telah dilakukan baik itu pengembangan KRS online; nilai online, AEP online sampai dengan pendaftaran wisuda online sehingga tidak bisa diambil salah satu sebagai karya unggulan yang dapat diajukan lomba. Dari makalah tersebut, Pak Alvon mengkolaborasi resource in house yang telah dikembangkan unika melalui aplikasi sintak dan cloud based yang dikembangkan melalui layanan google play yang dapat diakses melalui sistem android yaitu aplikasi Unika Menyapa yang biasa digunakan sebagai tempat mencari informasi mengenai Unika dengan sintak, sehingga sintak dapat dibuka dengan aplikasi “Unika Menyapa”. Selain itu, ia melihat era saat ini orang lebih cenderung “Digital Native”.

Dalam pemilihan Tenaga Kependidikan Berprestasi ini, Pak Alvon mengungkapkan pada awalnya ia sendiri merasa apa mampu..? dikarenakan sejak tahun 2010, wakil dari Unika belum pernah menjuarai pemilihan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Kopertis sehingga tidak ada pembandingnya seperti pada pemilihan dosen dan Kepala Program Studi berprestasi. Kemudian, Pak Alvon mencoba perlahan  untuk menterjemahkan panduan dan persyaratan yang diberikan. Saat pengajuan makalah, Pak Alvon sedikit mengalami kendala dimana terjadi perbedaan antara pemahamannya dengan persepsi penilaian para juri tentang sustainability (keberlanjutan) sehingga Pak Alvon tidak menyediakan blueprint dari makalah yang ia presentasikan sehingga para juri menganggap perencanaan Pak Alvon kurang matang. Pada awalnya, Pak Alvon hanya ingin mengetahui memetakan apa saja yang menjadi persyaratan dalam pemilihan tenaga kependidikan berprestasi,

Karena tidak adanya pembanding, Pak Alvon memilih untuk berkonsultasi dengan Dr. Ridwan Sandjaya, karena Pak Ridwan dianggap yang juga pakar di bidang  Teknologi Informasi yang berhubungan dengan judul makalah yang dibuat. Pak Ridwan juga yang mengusulkan untuk mencantumkan adanya “Hybrid IT” dalam judul makalah, sehingga berkat ketekunan dan keseriusannya akhirnya membuahkan hasil sebagai Juara II Tenaga Administrasi Akademik Tingkat Kopertis VI Jawa Tengah  (cal)

Kategori: ,