FHK Unika Gelar Lomba Debat Latih Mahasiswa Berfikir Cepat
Senin, 29 Agustus 2016 | 9:41 WIB
SM 26_08_2016 FHK Unika Gelar Lomba Debat Latih Mahasiswa Berfikir Cepat

Lomba debat antar angkatan mahasiswa Ilmu Hukum Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata di kampus setempat, Jumat (26/8).

Untuk melatih mahasiswa berfikir cepat dan bisa menemukan sisi-sisi kebenaran yang lain, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika Soegijapranata menggelar lomba debat antar angkatan. Lomba diikuti dari angkatan 2013 sampai 2015, dimana satu angkatan diikuti lebih dari satu tim.

Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi Unika Soegijapranata Benediktus Danang Setianto SH LLM menyatakan, gagasan ini sebagai satu bentuk baru cara mahasiswa menyusun argumentasi. Tadinya hanya di kelas-kelas saja tetapi sejak tahun ini dan tahun-tahun mendatang, dicoba diperluas antar angkatan.

“Mahasiswa akan terlatih menyusun argumentasi-argumentasi tertentu terhadap topik-topik yang sedang aktual. Peserta akan diberi satu dari lima topik yang telah ditentukan oleh panitia, dimana belum diketahui sebelumnya,” kata Danang di Unika Soegijapranata, Jumat (26/8).

Dengan kegiatan ini, mahasiswa, lanjutnya, menemukan sisi-sisi kebenaran berbeda dengan cara riset yang mereka lakukan sendiri tanpa campur tangan dari dosen. Jika dilakukan di kelas masih kata dia, pasti ada campur tangan dosen yang cenderung menggurui.

“Sebelum berdebat, setiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk riset dan menyiapkan bahannya. Mahasiswa sebelumnya sudah diberi gambaran umum tetapi belum sampai detil dan pro-kontranya,” tambahnya.

Selain juga menunjukkan kepada mahasiswa lainnya, ada argumentasi dengan logika. Perdebatan yang elegan tidak seperti yang ditunjukkan selama ini di media massa. Perdebatan yang ada selama ini, cenderung argumentasi-argumentasi tanpa logika atau mengarah debat kusir.

Tautan : http://berita.suaramerdeka.com

Kategori: