FEB Unika Adakan Workshop Tax Amnesty
Jumat, 26 Agustus 2016 | 9:55 WIB

JTP 26_08_2016 FEB Unika Adakan Workshop Tax Amnesty 
SEMARANG – Prodi Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata Semarang mengadakan "Workshop Tax Amnesty: Ini sebagai upaya mensukseskan program pemerintah dan sekaligus ikut mensosialisasikan Tax Amnesti.

"Ini juga wajib pajak yang belum punya NPWP, sehingga agar bisa segera mendapatkan NPWP. Ini juga berlaku perorangan yang punya dana atau aset di luar negeri bisa melaporkannya lewat Tax Amnesty," kata Praktisi Perpajakan Abdul Syukur SH MH dalam workshop kemarin.

Workshop kemarin juga mengundang pembicara Kaprodi Perpajakan FEB Unika Agnes Arie MC SE MSi BKP dengan dihadiri ratusan peserta mulai dari mahasiswa, instansi negeri dan swasta serta pengusaha.

Abdul Syukur menyebutkan bahwa pada dasarnya yang bisa ikut Tax Amnesty pajak diantaranya wajib pajak badan, misal perusahaan, koperasi, orang pribadi, pengusaha dengan omset tertentu tidak lebih dari 4,8 miliar, orang atau badan yang sekarang harusnya sudah kena pajak tetapi belum ber NPWP.

"Ini kesempatan bagus bagi wajib pajak yang misalnya tahun terakhir kurang tertib melaporkan pajaknya atau ada harta yang belum dilaporkan sampai SPT tahun 2015. Tax Amnesty dilaksanakan pemerintah sampai akhir tahun ini dilanjutkan sampai triwulan tahun depan Maret 2017," jelasnya.

Sementara Agnes Arie mengingatkan, Tax Amnesty pajak sebenarnya sangat baik bagi pengusaha maupun perorangan, akan tetapi jika mengikuti Tax Amnesty sebaiknya tidak main-main. "Misalnya ada tiga aset seperti rumah yang di SPT lalu tidak dimasukkan dan mengikuti tax amnesty hanya melaporkan satu rumah saja. Karena ini dendanya bagi dua rumah lain yang tidak dilaporkan akan sangat tinggi," ucapnya. (Jateng Pos 26 Agustus 2016, hal. 9)

Kategori: