553 MAHASISWA KKN UNIKA DIBERANGKATKAN DARI KANTOR GUBERNURAN JAWA TENGAH
Kamis, 4 Agustus 2016 | 12:39 WIB

IMG_0200Memasuki Bulan Agustus 2016, Unika Soegijapranata mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  periode ke-II semester genap yang bertempat di 3 kecamatan yaitu di Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal; Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang; Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan. Pada kesempatan ini, Unika Soegijapranata menggandeng beberapa pihak dalam menyelenggarakan program KKN ini antara lain dengan Bank Jateng, Dinas Perdagangan, BKKBN, PT. Sido Muncul, Pemprov Jateng dan beberapa institusi terkait lainnya.  Penandatanganan MOU “Kerjasama di Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan, dan Kemasyarakatan melalui Kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi”dilaksanakan pada 1 Agustus 2016 di Ruang Pertemuan Gedung Gradhika Bhakti Praja lantai 2, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Acara penandatanganan dihadiri oleh Drs. Budi Wibowo, Msc (asisten III Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah) yang mewakili Gubernur Jawa Tengah; Masrur Masykur (Wakil Bupati Kendal) yang mewakili Bupati Kendal; Hevearita Gunaryanti Rahayu ( Wakil Walikota Semarang) mewakili Walikota Semarang; Letjen TNI I Wayan Midhio (Rektor Universitas Pertahanan Indonesia); Prof. Yoh. Budi Widianarko, Msc(Rektor Unika Soegijapranata). Acara penandatanganan terdiri dari 2 tahap: tahap I antara Gubernur Jawa Tengah; Walikota Semarang; Bupati Kendal; Rektor Unika Soegijapranata dan tahap II antara Gubernur Jawa Tengah dengan Rektor Universitas Pertahanan Indonesia

Jawab Kebutuhan Masyarakat

Mengambil tema “Pengentasan Kemiskinan dan Meniingkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, peserta KKN yang berjumlah 553  orang tersebut diharapkan dapat memberdayakan UMKM di samping memberdayakan masyarakat.”Universitas bukan ada dan berasal dari luar angkasa yang turun di Bendan Dhuwur melainkan universitas ada untuk menjawab kebutuhan masyarakat” jelas Prof. Budi dalam sambutannya. Terkait dengan hal tersebut, banyak pesan yang dititipkan kepada mahasiswa peserta KKN, antara lain datang dari Bupati Kendal yang mengharap para peserta dapat membantu mengubah mindset masyarakat terkait hidup sehat, ; dari Bank Jateng yang mengharapkan para mahasiswa dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kerjasama antara Unika dan Bank Jateng dalam pemberian kredit SKIM 02 dan 25 kepada UMKM serta pendataan mengenai banyaknya UMKM yang masih kesulitan dalam akses perbankan; dari para kepala desa tempat dilaksanakannya KKN yang membutuhkan mahasiswa  bidang arsitektur dan teknik sipil guna pembangunan jalan desa.

Sesuai dengan alur program, para peserta akan ditempatkan di lokasi KKN selama 21 hari, dimana 10 hari sebelum ditempatkan para peserta telah melakukan observasi, penyusunan program beserta proposal sehingga begitu sampai di lokasi para peserta langsung menjalankan program yang telah direncanakan.

Acara kemudian ditutup dengan dengan pemakaian jaket almamater kepada mahasiswa perwakilan peserta KKN  sebagai tanda pelepasan peserta KKN. (cal)

Kategori: ,