UNIKA SOEGIJAZZ TAWARKAN AURA JAZZ KAMPUS
Kamis, 14 Juli 2016 | 16:29 WIB

UNIKA SOEGIJAZZ 2016Untuk kali kedua, Unika Soegijapranata menyelenggarakan perhelatan musik jazz bagi masyarakat Semarang. Perhelatan tersebut digelar dengan nama Unika Soegijazz 2016, dan  sesuai dengan namanya, genre musik yang diusung dalam pagelaran tersebut dari genre Jazz. Jika pada tahun lalu mengambil tema “Jazz Community”, namun pada tahun ini digelar dengan tema “Sound Of Collage”, yang akan berlangsung di Unika Soegijapranata pada Hari Senin (18/07).

Tema “Sound of College” dimaksudkan untuk lebih memberi kesempatan kepada komunitas jazz di kampus-kampus yang tentunya mempunyai warna sendiri terutama menyangkut dunia jazz anak muda yang harapannya dapat memunculkan talent-talent muda dalam khasanah musik kampus bergenre jazz. Komunitas jazz kampus yang menyatakan diri ikut dalam memeriahkan konser Soegijazz 2016 diantaranya adalah dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Musik Indonesia (IMI), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan tak ketinggalan pula tuan rumah Universitas Katolik Soegijapranata.

“Jika pada penyelenggaraan tahun lalu menampilkan komunitas jazz yang ada di jawa tengah, namun untuk tahun ini penyelenggaraan berfokus pada pola kehidupan kampus (Sound of Collage). Jadi bagaimana orang-orang yang ada dalam kampus ditengah rutinitas belajar, namun tetap menonjolkan sisi seninya. Unika dengan tagline Talenta Pro Patria et Humanitate berusaha untuk menonjolkan talenta-talenta yang dimiliki oleh para mahasiswa agar dapat dikembangkan, salah satunya melalui Soegijazz ini,” ujar Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. Ir. Yoh. Budi Widianarko, M.Sc.

Unika Soegijapranata sendiri sebelum acara perhelatan jazz berlangsung, telah menyelenggarakan Open Audition untuk menjaring bibit-bibit yang nantinya akan dipersiapkan untuk mewakili Unika Soegijapranata dalam konser Unika Soegijazz 2016 ini.

Tak hanya mengundang group band kampus saja untuk terlibat dalam konser Soegijazz  2016 ini, namun turut diundang pula drummer terkemuka di Dunia yang berasal dari Italia, Israel Varela turut ikut andil dalam perhelatan Soegijazz tahun ini. Direncanakan Israel Varela akan berkolaborasi dengan Indro yang merupakan pemain bass dari Jakarta serta Yudi Barelean dari Surabaya. Sebagai puncak dari kegiatan Soegijazz tersebut, Unika Soegijazz mengundang Indra Lesmana sebagai Guest Star yang ditemani serta oleh Keytar Trio yang menawarkan musik berbeda serta dimeriahkan pula oleh penyanyi yang tak kalah terkenalnya di bidang musik yaitu Mus Mujiono.

Perbedaan pada tahun-tahun sebelumnya

Terobosan terbaru yang dibentuk oleh soegijazz tak hanya melalui tema, namun pada tahun ini Unika Soegijazz dapat dinikmati oleh kalangan umum yang tidak dapat menyaksikan acara secara langsung dengan melakukan live streaming melalui situs http://bit.ly/unikasoegijazz .

Selain itu, untuk mengetahui informasi terbaru mengenai kegiatan Soegijazz, panitia juga menyediakan layanan social media yang dapat diakses melalui facebook dengan nama UnikaSoegijazz serta twitter di @Unikasoegijazz. Penonton juga dapat memberikan apresiasinya dalam layanan live streaming tersebut dengan memberikan vote kepada komunitas jazz kampus yang ikut tampil dalam Unika Soegijazz 2016.

Disamping itu masih ada juga, kegiatan Klinik Musik yang memberikan kesempatan bagi musisi-musisi lokal yang ingin meningkatkan skillnya dibidang musik. (Ign)

Kategori: ,