Unika Jalin Kerja Sama dengan Penerbit Andi
Jumat, 1 Juli 2016 | 13:03 WIB

Penerbit AndiDalam rangka sosialisasi teknik menulis yang benar versi penerbit buku, maka Penerbit Andi yang banyak berkiprah dalam penerbitan buku-buku umum seperti buku-buku komputer, ekonomi, manajemen, matematika dan ilmu pengetahuan alam, teknik, kepariwistaan, dan sejenisnya, pada hari Selasa (28/6) telah mengadakan workshop untuk para dosen Unika, bertempat di ruang Seminar LPPM, gedung Mikael lantai 4,  Unika Soegijapranata.

Namun sebelum acara workshop dimulai, diawali dengan penandatanganan MOU atau nota kesepahaman antara Unika Soegijapranata dengan Penerbit Andi Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Yohanes Budi Widianarko, M.Sc selaku Rektor Unika Soegijapranata menjelaskan,”Dosen Unika Soegijapranata didorong untuk Co Branding, sehingga diharapkan dapat menghasilkan 70 buku per tahun, artinya dosen Unika tidak menjadi dosen MPP (Master of Powerpoint), tetapi benar-benar ada kebanggaan terhadap karya kita sendiri melalui buku ajar yang ditulis oleh para dosen. Selain itu para mahasiswa yang termasuk generasi Z dapat kita dorong untuk mengerti value dari buku asli termasuk sensasi bau buku usang yang mempunyai kekuatan tersendiri, dibanding hanya softcopy berupa file saja” ujar Prof. Budi.

Setelah penandatanganan MOU acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Didalam workshop ini Penerbit Andi memberikan materi kepada dosen-dosen seputar dunia penulis. “Sebagai seorang penulis jelas itu sangat menguntungkan, terbukti dari pengalaman salah satu guru, yang berhasil meraup keuntungan lebih dari 500 juta, hanya bermodalkan menulis,” ucap Joko Irawan Mumpuni, selaku pembicara dalam Workshop sekaligus sebagai Direktur Penerbitan-Penerbit Andi.

Melalui ucapan Joko, jelas membangkitkan semangat untuk menulis. Terutama dilihat dari royalti yang sangat fantastis. Namun untuk menjadi penulis jelas membutuhkan prosedur-prosedur yang tertata. Maka dari itu Joko juga memberikan beberapa materi penting yang sangat bermanfaat untuk para dosen dan juga peserta workshop.

Ciri-ciri Penerbit yang baik

Materi awal workshop, dibuka dengan Ekosistem penerbitan, yang menjelaskan tentang proses penerbitan. Ekosistem tersebut terdiri dari Penerbitan, Penulis, Penerbit penyalur, dan Pembaca. Dari ekosistem penerbitan yang melalui 4 tahap atau pihak tersebut, yang biasanya mendapatkan keuntungan terbesar adalah pihak penerbit penyalur atau toko buku.

Lebih lanjut dijelaskan pula oleh Joko tentang ciri-ciri penerbit yang sesuai dengan kriteria baik. “Penerbit yang baik harus memiliki visi yang jelas, memiliki business core lini, mempunyai pengalaman, jaringan pemasaran, memiliki percetakan sendiri, keberanian mencetak jumlah eksemplar, kejujuran dalam pembayaran royalti.” tuturnya.

Bukan hanya materi yang diberikan, Joko juga membagikan cerita-cerita pengalamannya selama bekerja didunia penerbitan, terutama pengalaman-pengalaman dalam menerbitkan sebuah buku, dan bekerjasama dengan penulis.

Hal yang paling penting, karena Workshop ini ditujukan untuk para dosen, maka Joko juga menjelaskan tingkatan-tingkatan gelar yang ada dalam buku untuk mencapai target KUM, karena KUM ini sendiri sangat penting bagi dosen dalam menunjang kegiatan mengajar.

Selain materi yang umum seputar penulis. Penerbit Andi juga menjelaskan tentang teknis dalam penulisan, seputar bagaimana naskah dapat terbit. Hal itu disampaikan oleh Edi S. Mulyanta S.Si., M.T selaku manager operational penerbit Andi. (R.Jeff)

Kategori: ,