Soegijazz 2016 Belajar dari Tahun Lalu
Selasa, 12 Juli 2016 | 18:18 WIB
SM 12_07_2016 Soegijazz 2016 Belajar dari Tahun Lalu

Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Y Budi Widianarko, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr Ridwan Sanjaya dan Sekretaris Panitia Soegijazz 2016 Katharina Ardanareswari bersama seorang panitia lainnya, Selasa (12/7).

Belajar dari event tahun sebelumnya, Soegijazz 2016 lebih fokus pada band-band beraliran Jazz dari berbagai universitas. Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Y Budi Widianarko menyatakan, pelaksanaan Soegijazz jilid pertama merupakan pelajaran berharga bagi pelaksanaan kegiatan serupa di tahun berikutnya.

“Pelajaran yang bisa kami petik, bahwa tahun kemarin durasi waktu pelaksanaan terlalu panjang dari pukul 13.00 sampai dengan 24.00. Sehingga banyak kelompok yang bagus luput dari perhatian penonton, kelompok band dari komunitas dan kampus bercampur sehingga kurang bisa membedakan,” kata Prof Budi di Kampus Unika Soegijapranata, Selasa (12/7).

Pada pelaksanaan tahun lalu sambungnya, ada kesan duplikasi dengan kegiatan serupa yang digelar oleh komunitas Jazz di Kota Semarang. Maka untuk tahun ini masih kata dia, fokus band beraliran Jazz yang diundang tidak dari komunitas lagi.

“Tema tahun ini The Sound of College, bertujuan untuk menunjukkan bahwa kampus juga mempunyai talenta-talenta musik yang layak ditampilkan. Jika kampus tidak bisa menjadi tempat persemaian bakat maka sedih sekali, justru mematikan bakat-bakat yang ada,” tuturnya.

Pemilihan musik Jazz menurut Prof Budi karena di dalam unsur Jazz terdapat kreativitas dan kedamaian yang sangat cocok bagi dunia kependidikan. Perhelatan ini sekaligus untuk meramaikan kampus Unika yang berada di kawasan Bendan Duwur dimana pada pelaksanaan sebelumnya mampu menyedot 3 ribu penonton.

Sementara Sekretaris Panitia Katharina Ardanareswari menyatakan, persamaan kegiatan ini dengan tahun sebelumnya dipertahankannya klinik musik yang merupakan satu cara untuk belajar musik bagi yang tertarik. Dalam klinik musik yang digelar di sela-sela pelaksanaan Soegijazz, selain belajar dengan pemusik-pemusik handal juga akan terjalin share pengetahuan bermusik.

“Bintang tamu dari luar negeri yaitu drummer kelas dunia Israel Varela dari Italia, juga akan disandingkan dengan musisi lokal basis Indro dari Jakarta dan Yudi Barlean dari Surabaya. Bintang tamu Indra Lesmana juga akan memperkenalkan format baru bermusik dengan alat Kitar,” tambah wanita yang akrab disapa Danik itu.

Performa band genre Jazz yang diundang dari UPH Jakarta, UKSW Salatiga, IMI Jakarta, ISI Jakarta dan Unika Soegijapranata, akan disiarkan melalui live streaming http://bit.ly/unikasoegijazz, ww.facebook.com/unikasoegijazz, www.twitter.com/unikasoegijazz atau www.unika.ac.id/unikasoegijazz. Penonton dapat memilih band tervaforit.

Tautan : http://berita.suaramerdeka.com

Kategori: