MM UNIKA DAN PMSM BAHAS SERTIFIKASI PROFESI SDM
Jumat, 1 Juli 2016 | 14:57 WIB

IMG_9389Posisi menjadi HR dalam suatu perusahan dinilai merupakan hal yang sangat vital, mengingat HR merupakan perekrut calon karyawan di suatu perusahaan dan merupakan profesi yang sangat strategis dalam dunia bisnis dan organisasi. Mengingat bahwa mulai tahun 2016, gerakan Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah mulai dilaksanakan oleh pemerintah, maka perlu strategi-strategi khusus dalam mendeteksi talenta-talenta SDM yang tersedia, serta mampu untuk mengelola dan mengembangkannya sesuai kompetensi agar suatu Organisasi Perusahaan mampu bersaing di Era Global. Terkait dengan hal tersebut, untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pengelolaan SDM, Unika Soegijapranata bekerjasama dengan PMSM (Perhimpunan Manajemen Sumber Daya Manusia) DPD Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan seminar dengan tema “Upaya Peningkatan Kompetensi SDM dalam menghadapi Global Employment melalui Sertifikasi”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu(25/6) bertempat di Ruang Theater Gedung Thomas Aquinas, Unika Soegijapranata.

Dalam seminar tersebut, diundang sebagai moderator Dr. Suharnomo, SE., M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro yang didampingi oleh 3 pembicara yaitu  Dr. Ir. Yunus Triyonggo, MM, CAHRI selaku Technical Lead SKKNI bidang SDM, kemudian Dr. Pambudi Soenarsihanto, Msi, MBA selaku Ketua Umum PMSM Indonesia serta Dr. Agatha Ferijani, SE., MS-HRM selaku ketua program studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata.

Dalam salah satu sesi pembicara, Dr. Pambudi menjelaskan bahwa untuk menjadi pengelola SDM yang handal, diperlukan strategi-strategi khusus.“Memasuki MEA di tahun 2016 ini, tampaknya para pekerja Indonesia masih belum siap. Karena sistem perekrutan SDM yang belum memadahi, perlu adanya pelatihan bagi para pelaku pengelola SDM untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang handal agar mampu bersaing dengan negara lain. Pemberian sertifikat bagi profesi SDM perlu dilakukan untuk mematangkan mental bagi pekerja Indonesia dalam menghadapi MEA ini. Kita mencoba untuk terus berinovasi dalam dunia SDM ini, janganlah hanya menjadi katak dalam tempurung, kita perlu inovasi untuk mengembangkan dan mempersiapkan SDM di negeri sendiri agar dapat berkembang” ujarnya.

Pelantikan Pengurus PMSM DPD Jateng

Lebih lanjut, Kaprodi Magister Manajemen FEB Unika, Dr Agatha Ferijani, menjelaskan bahwa profesi SDM merupakan profesi yang strategis dalam dunia bisnis dan organisasi. Human Resource Department memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi talenta-talenta, mengelola dan mengembangkan sesuai dengan kompetensi.”Oleh karenanya diperlukan pelaku SDM yang handal, profesional dan diakui secara nasional dan internasional. Pengakuan kompetensi ini diwujudkan dalam bentuk sertifikasi,” tandasnya.

Selain dilaksanakan seminar mengenai pengelolaan SDM, momentum ini juga dipergunakan sebagai ajang untuk pelantikan dan pengukuhan para pengurus baru PMSM DPD Provinsi Jawa Tengah yang diketuai oleh  Ibu Titi Agustina, SE, Cemt. (Ign)

Kategori: ,