Kunjungan STIKES St. Vincentius A Paulo Surabaya ke SSCC Unika
Rabu, 27 Juli 2016 | 14:27 WIB

IMG_9733Unika Soegijapranata sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jawa Tengah dan peringkat ke-10 di antara PTS di Indonesia mendapat kunjungan studi banding dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Katolik St. Vincentius A Paulo Surabaya pada hari Kamis (21/7) bertempat di Ruang Hijau Gedung Mikael Lt. 3 Unika Soegijapranata.

Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk mempelajari lebih jauh tentang penyaluran alumni Unika Soegijapranata yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT)  Soegijapranata Student Career Center (SSCC) sebagai pusat pengembangan karier dan penyedia informasi pekerjaan bagi mahasiswa-mahasiswa lulusan Unika yang akan masuk ke  dunia kerja.

“Kami memilih studi banding ke Unika Soegijapranata karena kami ingin belajar dari Unika dalam mengelola pusat karier dan menyalurkan para mahasiswanya ke pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Rencananya, selepas kunjungan ini kami juga akan membuat Student Career di sekolah tinggi kami,” jelas Suster Ignata Yulianti selaku Wakil Ketua STIKES St. Vincentius A Paulo dalam sambutannya.

Dr. Kristiana Haryanti, Msi. Psi. selaku Kepala UPT SSCC menjelaskan dalam presentasinya bahwa mahasiswa dan alumni perlu dibantu dan diberi pelayanan dalam mempersiapkan karier setelah lulus dari Unika Soeijapranata. Penyediaan informasi dan pengembangan potensi yang khas dari setiap mahasiswa harus mutlak ada berkaitan dengan kesiapan tenaga kerja dalam menyambut tantangan dunia pekerjaan nantinya. Perlindungan dari perusahaan abal-abal yang berusaha menipu mahasiswa juga termasuk bentuk pelayanan yang diberikan oleh SSCC.

Kegiatan yang dilakukan SSCC bermacam-macam, seperti job fair yang mengundang perusahaan-perusahaan datang ke Unika untuk menawarkan lowongan pekerjaan kepada para mahasiswa, campus hiring yaitu perusahaan datang mengenalkan diri kepada mahasiswa tentang sejarah, unit bisnis, sistem karier yang dikembangkan di perusahaan tersebut dengan harapan para mahasiswa atau lulusan tertarik untuk bergabung dengan mereka. Lalu ada juga workshop, seminar, seleksi dan penerbitan buku wisuda berisi data diri alumni yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan agar mereka dapat lebih mengenal lulusan-lulusan Unika Soegijapranata. (dns)

Kategori: ,