YOUTUBERS HADIR DI UNIKA DENGAN TEMA : SHOW YOUR SELF
Kamis, 2 Juni 2016 | 13:38 WIB

Youtubers kroniikArus globalisasi yang sudah melanda Dunia, tak terkecuali Indonesia telah membawa berbagai dampak baik dampak fisik, maupun dampak non fisik.

Demikian pula berbagai jenis media sosial baik cetak maupun elektronik telah tersebar luas sehingga dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal ini tentunya membawa dampak positif maupun negatif bagi masyarakat tersebut. Dilihat dari sisi positifnya, media sosial sangat berperan penting dalam kemajuan individu masyarakat tersebut. Bahkan apabila masyarakat tersebut dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah, maka akan menjadikan suatu Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat berguna bagi perkembangan Negaranya. Maka untuk meningkatkan kesadaran generasi muda agar tidak menyalah gunakan media sosial, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum dan Komunikasi bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata menyelenggarakan seminar dengan topik “Youtubers : Show Your Self” bertempat di ruang theater, gedung  Thomas Aquinas pada hari Jumat (27/05).

Dalam seminar ini, dihadirkan pula para tokoh youtubers, yakni sekumpulan orang yang berhasil memanfaatkan media sosial seperti youtube dan instagram menjadi media yang menghibur sekaligus memberi banyak keuntungan. Narasumber tersebut adalah Chandra Liow serta Ivo Saka Yuvens yang akrab disapa Sakayuv. Kedua pembicara ini diundang untuk memberikan kiat-kiat dalam menggunakan media sosial sebagai media penyalur hiburan serta dapat dijadikan sarana promosi. Menurut Natasha, selaku ketua panitia seminar tersebut, selain sebagai ajang hiburan bagi kalangan muda yang menggemari kedua narasumber tersebut, seminar ini dilaksanakan pula sebagai media pembelajaran dalam menggunakan media social.

“Akhir-akhir ini sering kita dengar remaja di Indonesia yang sering menyalahgunakan media sosial untuk tindakan kejahatan atau pelanggaran hukum. Melalui seminar ini, kami berharap para remaja dapat memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk kegiatan yang positif. Selain itu, media sosial jika digunakan dengan tepat serta bijak akan membuat kita menjadi seorang entrepreneur muda yang sukses. Media sosial dapat digunakan sebagai ajang tempat berjualan on line, selain itu dengan media sosial juga dapat memperkenalkan serta mempromosikan barang dari orang lain, dan keuntungan dari iklan tersebut pada akhirnya dapat dinikmati. Maka bijak-bijaklah dalam menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi dan menjalin relasi” jelasnya.

Seminar yang berhasil menyedot animo peserta hingga kurang lebih 230 peserta ini pada akhirnya dapat menjadi ajang pembuktian diri bahwa generasi muda memiliki jiwa yang kreatif, inovatif dan visioner. Melalui kegiatan ini, diharapkan semua kalangan muda bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki secara benar, menunjukan jatidirinya tanpa harus tersekat oleh gadget. Berrelasi dengan media sosial tentu sangat diperbolehkan, namun alangkah lebih baik kontak terhadap relasi sosial juga menjadi seimbang, tidak berat sebelah karena manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, melainkan hidup secara berdampingan. Mari, tunjukan aksimu dengan SHOW YOUR SELF. (Ign)

Kategori: ,