SOTY 2016 Bahan Evaluasi Dosen ke Mahasiswa
Kamis, 16 Juni 2016 | 16:48 WIB

SM 16_06_2016 SOTY 2016 Bahan Evaluasi Dosen ke MahasiswaBahan evaluasi pendampingan dosen kepada mahasiswa selama kuliah di kampus, selain dalam bentuk laporan akademik secara periodik juga bisa dilakukan dengan cara lain. Satu diantaranya yang dilakukan oleh Unika Soegijapranata dengan menggelar Student Of The Year 2016 (SOTY).

Wakil Rektor 3 Unika Soegijapranata Lita Widyo Hastuti SPsi MSi menyatakan, kegiatan tahunan untuk mendapatkan sosok mahasiswa berprestasi baik secara akademik maupun non akademik. Mahasiswa ini lanjutnya, merupakan reprensentasi seluruh mahasiswa Unika Soegijapranata.

“Dari kontes seperti ini setidaknya kami dapat mengukur, apakah pendampingan terhadap mahasiswa sudah sesuai yang diharapkan atau belum. Mahasiswa yang terpilih diharapkan juga menjadi role model mahasiswa lainnya,” kata Lita disela-sela Uji Publik SOTY 2016 di Ruang Theatre Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, Rabu (15/6).

Pemilihan mahasiswa berprestasi ini melewati serangkaian tahapan sambungnya, mulai dari penjaringan di masing-masing fakultas hingga uji publik sekaligus final di tingkat universitas. Tiap fakultas mengirimkan dua mahasiswanya dimana masing-masing angkatan 2014 dengan berbagai kriteria lainnya.

“Indeks prestasi mahasiswa yang dikirimkan tidak boleh kurang dari 3, mengirim paper dalam Bahasa Indonesia dan kemudian mepresentasikan dalam Bahasa Inggris. Melampirkan partisipasi kegiatan ekstra dan intra,” terangnya.

Total peserta pada awalnya 12 mahasiswa yang kemudian mengikuti karantina selama dua hari satu malam. Dalam karantina tersebut menurut Lita, digali semua kemampuan ke-12 mahasiswa itu mulai dari kemampuan melakukan presentasi makalahnya, kemampuan berbahasa Inggris, kepribadiannya dan wawasan ke-Indonesiaan.

“Setelah melalui masa karantina dimana 75 persen penilaian, hanya tujuh mahasiswa yang lolos masuk ke tahap uji publik (final). Ada beberapa fakultas dimana dua mahasiswanya lolos pada tahap uji publik, yaitu Fakultas Psikologi, Teknologi Pangan dan Bahasa dan Sastra serta satu peserta dari Fakultas Arsitektur dan Desain,” tutur Lita.

Pada pemilihan mahasiswa berprestasi tahun ini sengaja disyaratkan mahasiswa semester empat atau angkatan 2014 lanjutnya, harapannya lebih mempunyai peluang mewakili universitas dalam berbagai event yang lebih tinggi. Tiga pemenang yaitu second runner up, first runner up dan winner secara otomatis mewakili Unika Soegijapranata dalam berbagai ajang mahasiswa tingkat Internasional.

Tautan : http://berita.suaramerdeka.com

Kategori: