Gubernur Jateng Buka Pameran UMKM & Tandatangani MOU dengan Unika
Jumat, 17 Juni 2016 | 12:09 WIB

EXPO KKU2Pameran UMKM merupakan sebuah acara puncak dari program KKU (Kuliah Kerja Usaha). Dalam pameran ini, setiap kelompok KKU memamerkan usaha yang dijalani oleh mitra yang mereka dampingi. Pameran UMKM tersebut diadakan pada hari Selasa (14/6) di lapangan basket Albertus, Unika Soegijapranata.

Berbeda dengan pameran UMKM sebelumnya, pada pameran kali ini, keluarga besar Unika Soegijapranata di datangi oleh seorang tamu istimewa yaitu Bapak Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP dan kali ini merupakan kunjungan beliau yang ke-7 di Unika Soegijapranata.

Acara dimulai dengan sambutan dari Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. Ir. Y Budi Widianarko, M.Sc kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita secara simbolis sebagai tanda dibuka pameran UMKM 2016 oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP.

Setelah pembukaan dilaksanakan, para mahasiswa dipersilahkan untuk memulai membuka stand  dan memulai berjualan di area lapangan basket. Pada KKU periode genap 2016 ini, terdapat 113 pelaku UMKM yang didampingi oleh para mahasiswa Unika Soegijapranata, yang mayoritas usaha yang dijalankan adalah bisnis kuliner. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis kuliner saat ini masih banyak diminati di masyarakat.

PENANDA TANGANAN MOUSelain menggelar pameran UMKM, pihak Unika sendiri mengundang para mitra UMKM yang berasal dari berbagai wilayah untuk mendatangi workshop yang diadakan ruang theater gedung Thomas Aquinas. Acara workshop dimulai setelah acara pembukaan pameran UMKM oleh Gubernur, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan MOU antara Gubernur Jawa Tengah dengan Rektor Unika Soegijapranata, serta Direktur Utama PT. Bank Jateng.

Dalam MOU tersebut disepakati tentang pemberdayaan ekonomi kreatif dan juga UMKM yang berada di Jawa Tengah, untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas hidup dan tata kelola pembangunan berkelanjutan daerah. Sedangkan acara workshop menghadirkan 3 pembicara yakni Rektor Unika Soegijapranata  Prof. Dr. Ir. Y Budi Widianarko, M.Sc, Bapak Walikota Semarang Hendrar Prihadi, SE., MM, serta Direktur Utama PT. Bank Jateng Dr. Suprayitno, dengan dimoderatoti oleh Prof. Andreas Lako sebagai kepala LPPM Unika.

Acara pameran UMKM yang diadakan mulai pukul 08.00 tersebut juga dimeriahkan oleh berbagai performa dari setiap anggota KKU. Dan diakhir acara, diumumkan tentang pemenang stand terbaik dan terfavorit. Untuk stand terfavorit diraih oleh kelompok KKU 4, sedangkan stand terbaik diraih oleh kelompok 33. (And)

Kategori: ,