FTP Unika Galakkan Budaya Minum Susu
Rabu, 1 Juni 2016 | 9:16 WIB

Milk DayGizi merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk menjaga kesehatan. Pola hidup sehat perlu ditanamkan sejak dini oleh keluarga terutama bagi orang tua yang menginginkan anaknya memiliki tumbuh kembang yang sehat. Pada realitanya, masih terdapat anak kekurangan gizi di Indonesia dikarenakan ketidakpedulian orang tua pada kondisi gizi dari anaknya. Maka pentingnya edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya Gizi dalam segelas susu perlu diberikan melalui Hari Susu Sedunia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata pada Hari Minggu (29/05).

Untuk diketahui, dalam kandungan segelas susu berisi kalsium, fosfor dan vitamin D yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, adanya vitamin B12 dapat membantu dalam melancarkan sirkulasi darah yang sebelumnya kurang lancar.

Selain membagikan susu secara gratis, dalam kegiatan yang bertempat di Gedung Dekarnasda Jalan Pahlawan Semarang ini juga diselenggarakan kegiatan senam aerobic bersama serta jalan sehat yang akan melintasi jalan-jalan yang dipergunakan untuk hari bebas kendaraan bermotor (car free day). Kegiatan ini berhasil menyedot animo kurang lebih 200 peserta yang mengikuti acara ini.

Selain itu, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr. Victoria Kristina Ananingsih, S.T., M.Sc., dalam sambutannya menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan khususnya kesehatan tulang dengan mengonsumsi susu setiap hari.

“Alangkah lebih baik mengonsumsi susu setiap hari demi kesehatan tulang serta kebugaran tubuh. Dalam kegiatan ini terlihat yang paling menonjol adalah 2S, yakni Senyum dan Susu. Maka peserta yang mengikuti kegiatan ini terlihat sumringah karena kami mengajak untuk hidup lebih sehat dengan minum susu.” Tandasnya.

Kegiatan ini disambut positif oleh seluruh peserta, tak terkecuali Muhammad Choirul Annas dari Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata. Menurutnya kegiatan ini sangat baik untuk dilaksanakan,

“Kegiatan ini menarik, karena selain pembagian susu, kamipun diajak untuk bergerak bersama, jadi tidak hanya sekedar minum susu saja. Bangun lebih pagi untuk mengikuti kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari hidup sehat disertai dengan olahraga bersama,” jelas annas.

Pada kegiatan sebelum-sebelumnya, HMPPI Unika juga pernah mengadakan kegiatan serupa dengan membagi-bagikan jamu gratis dengan maksud untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa mengkonsumsi jamu baik untuk kesehatan serta untuk menjaga kebudayaan yang sudah diwarisi oleh nenek moyang terdahulu agar generasi selanjutnya tetap mengenal jamu. (Ign)

Kategori: ,